(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Sehat dan Cantik Hanya Dengan Makan Kangkung

Oky
Oky

Sehat dan Cantik Hanya Dengan Makan Kangkung Sumber foto : Istimewa

Winnetnews.com - Belakangan kita seolah dibombardir dengan informasi mengenai keunggulan gizi sejumlah makanan yang dianggap sebagai superfood. Sayuran, buah, atau biji-bijian yang dicap sebagai makanan dengan gizi super ini diklaim mampu memberikan khasiat menyeluruh untuk organ tubuh, kulit, dan rambut. Lantas harganya pun jadi meroket.

Padahal kita tak perlu jauh-jauh mencari bahan pangan penunjang kesehatan dan kecantikan. Sayuran berharga murah seperti kangkung saja sebenarnya sudah bisa dikategorikan superfood. Seperti kebanyakan sayur berdaun hijau, kangkung yang juga disebut water spinach adalah sumber air, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan zat besi.

Tak hanya menyehatkan tubuh, kita juga bisa mendapatkan berbagai khasiat kecantikan dengan mengonsumsi kangkung secara teratur. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar Ultra Violet

Kangkung merupakan sayuran yang sangat kaya akan vitamin B. Vitamin B sendiri merupakan kandungan penting yang dapat menjaga kulit dari pengaruh buruk paparan cahaya matahari, terutama sinar Ultra Violet yang dapat menyebabkan kanker kulit, pigmentasi dan penuaan dini.

2. Memperbaiki kondisi kulit

Siapa sangka kulit yang kusam, bermasalah, dan lingkaran hitam di sekitar mata bisa diatasi dengan konsumsi kangkung? Kadar folat dan vitamin K yang cukup tinggi pada kangkung mampu memperbaiki kondisi kulit yang bermasalah.

Kandungan mineral dan vitamin dalam sayuran ini juga bisa menjadi solusi murah meriah untuk kulit yang kering dan mengelupas. Cukup gunakan kangkung yang sudah dihaluskan sebagai kompres dan minum sarinya selama beberapa hari berturut-turut.

3. Memberikan manfaat anti-penuaan

Sayuran berdaun hijau ini kaya akan antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat pengaruh radikal bebas. Dengan nutrisi yang terkandung di dalam kangkung, sel-sel kulit lebih tahan dari kerusakan kulit pada tahap dini akibat faktor eksternal.

Konsumsi kangkung secara rutin juga mampu membantu menunda munculnya kerutan hingga tingkat yang signifikan.

4. Melancarkan pencernaan

Pencernaan lancar merupakan kunci dari kulit yang sehat dari dalam. Sementara kangkung juga mengandung serat dalam persentase tinggi. Serat alami ini sangat baik untuk memperlancar pencernaan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});