Sejumlah Kampus Melarang Menggunakan Cadar, Ini Kata Ketua MUI

Oky
Oky

Sejumlah Kampus Melarang Menggunakan Cadar, Ini Kata Ketua MUI sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin ikut mengomentari polemik pelarangan cadar di sejumlah kampus.

Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu mempertanyakan alasan sejumlah kampus Islam melarang mahasiswinya menggunakan cadar atau penutup wajah. Salah satunya di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

"Ini tentu kita harus mendengar dulu kenapa cadar itu dilarang. Secara Islam boleh, tetapi ada aspek apa sehingga UIN itu melarang?" tanya Ma'ruf saat dimintai tanggapan oleh wartawan di kantor MUI Pusat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (6/3/2018).

Ma'ruf mengaku penasaran ingin mengetahui alasan kampus Islam itu melarang mahasiswinya menggunakan cadar.

"Kalau alasannya ada sesuatu yang masuk akal, kemaslahatan apa? Bercadar itu bagus menurut Islam, menutupi wajahnya," lanjut Ma'ruf.

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, Luthfi Hamidi juga tidak mempermasalahkan mahasiswinya menggunakan cadar di kampus. 

"Kalau di Purwokerto kita masih lakukan kajian secara lebih serius lagi terkait dengan cadar burka itu. Sementara yang di Yogyakarta kita tidak tahu persis apa alasannya, yang pasti mereka sudah memiliki argumentasi tersendiri," kata Luthfi, Selasa (6/3/2018).

Dia mengatakan, jika mahasiswinya menggunakan cadar bukan merupakan hal yang tabu. Yang terpenting baginya jika mereka mempunyai sikap mental dan keberagamaan yang baik. Sehingga tidak adanya kesan eksklusif dari kelompok tertentu untuk bergaul dengan kelompok lainya. 

"Kita juga sangat berharap agar mereka mampu membaur dengan semuanya supaya terjalin ukhuwah yang lebih bagus, lebih kental, merasa sama antara yang satu dengan yang lain, tidak ada perasaan saya lebih bagus dibanding dengan yang lain, saya lebih baik dengan yang lain," ujarnya.

Dia menjelaskan, saat ini di IAIN Purwokerto, terdapat tiga mahasiswi memenggunakan cadar. Ketiganya mahasiswi dari Thailand. "Ada beberapa mahasiswi dari Thailand, karena memang budaya mereka," katanya.

Apa Reaksi Kamu?