Sekarang, Buang Sampah Sembarangan Bisa Ditangkap Polisi?
Foto:Ilustrasi

Sekarang, Buang Sampah Sembarangan Bisa Ditangkap Polisi?

Senin, 2 Apr 2018 | 08:53 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com-  Saat ini di Ibu Kota Indonesia, Jakarta, jika siapa saja yang membuang sampah sembarangan akan ditangkap tangan atau OTT. Dikutip dari CNN, Kegiatan OTT terkait sampah tersebut, dikatakan oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Ermi Pelita, sudah berlangsung lebih dari satu tahun. Biasanya para perazia sampah itu beroperasi kala Car Free Day (CFD) dilakukan.

"OTT sampah itu sudah berlangsung cukup lama juga sebelum bergabung antara Dinas Kebersihan dengan BPHD pun sudah dijalankan oleh dinas kebersihan," Ermi Pelita.


Ermi mengatakan pengawasan rutin biasanya tidak hanya dilakukan di acara Car Free Day (CFD) tetapi di jalur-jalur utama wilayah DKI Jakarta. Tujuan dari OTT tersebut adalah untuk mengurangi kebiasaan masyarakat yang seringkali membuang sampah sembarangan.

Tidak hanya pada masyarakat biasa, pengawasan pun dilakukan terhadap semua kegiatan usaha di Jakarta.

Biasanya sanksi yang dikenakan berupa denda seharga Rp100 ribu hingga Rp500 ribu. Hal tersebut bergantung dari jenis sampah yang ditemukan oleh pengawas.

Setiap petugas OTT selalu membawa surat resmi pemerintah. Mereka juga mengenakan pakaian resmi baik rompi oranye maupun kaos dengan logo pemerintah.

Ermi menjelaskan OTT tersebut berkaitan dengan target Indonesia bebas sampah 2020. Untuk tahun 2018 sendiri DKI Jakarta memiliki target untuk mengurangi sampah sampai 11 persen. 


 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...