Seks Aman Bagi Penderita Asam Urat
ilustrasi

Seks Aman Bagi Penderita Asam Urat

Sabtu, 7 Des 2019 | 11:05 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sakit sendi akibat asam urat alias encok bisa bikin aktivitas harian jadi tidak nyaman, termasuk saat berhubungan seks. Lambat laun, asam urat bisa mematikan gairah bercinta Anda. Tenang saja. Masih ada cara yang bisa Anda lakukan agar sesi bercinta dengan pasangan terasa lebih menggairahkan. Lantas, seperti apa cara yang aman seks untuk asam urat?

Bagaimana cara seks untuk asam urat yang aman dan nyaman?

Berhubungan seks sebenarnya bisa meredakan nyeri akibat gejala asam urat karena otak melepaskan hormon endorfin, pereda nyeri alami, di waktu ini. Di sisi lain, rasa nyeri yang Anda alami justru bisa membuat Anda malas berhubungan seks. Lantas, harus bagaimana? Ikuti panduan ini.

1. Konsultasikan dulu ke dokter

Gejala asam urat bisa diobati dengan minum obat pereda nyeri NSAID yang dijual bebas, seperti paracetamol, ibuprofen, dan aspirin. Jika gejala yang Anda alami cukup parah, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter untuk mendapatkan obat lain yang dosisnya lebih kuat.

Pilihan obat asam urat lainnya dari dokter termasuk colchine, steroid, probenesid, pegloticase, dan allopurinol.

2. Usahakan tetap aktif setiap hari

Asam urat adalah kondisi kambuhan. Maka, penting bagi Anda untuk menjaga persendian tubuh tetap sehat dan kuat setiap hari agar gejalanya tidak kambuh. Usahakan untuk tetap aktif setiap hari dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga sederhana.

Misalnya, meluangkan waktu di sore hari untuk jalan kaki keliling kompleks atau melakukan senam peregangan tubuh. Olahraga membantu meredakan sakit akibat asam urat. Selain itu, biasanya persendian akan terasa lebih lentur setelah anda berolahraga sehingga pada malam harinya Anda lebih kuat untuk berhubungan intim bersama pasangan.

3. Jadwalkan kapan harus berhubungan seks

Kuncinya adalah mengetahui kapan saat yang tepat untuk melakukan hubungan seks. Akan lebih baik jika Anda membuat jadwal hubungan seks yang rutin dengan pasangan. Membuat rencana bisa menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya cedera saat seks yang malah makin memperparah gejala asam urat Anda. Jangan paksakan untuk berhubungan ketika kondisi tubuh tidak mendukung.

Minumlah obat yang sudah diresepkan oleh dokter sekitar 30 menit sebelum melakukan hubungan seksual. Buat tubuh dan otot-otot Anda menjadi lebih rileks, misalnya berendam air hangat atau saling memijat. Kegiatan tersebut juga bisa dijadikan foreplay sebelum melakukan seks untuk meningkatkan gairah.

Terakhir, hindari minum alkohol sebelum berhubungan seks.

4. Temukan posisi seks yang tepat

Selain pemilihan waktu, hal lain yang tak kalah penting dalam urusan seks untuk asam urat adalah mencari posisi seks yang tepat. Nah, kebanyakan penderita asam urat mengalami nyeri pada jempol kaki, lutut, pergelangan kaki, serta telapak tangan. Maka, sebaiknya pilih posisi yang tidak melibatkan tekanan berat dan gerakan berulang pada area-area tersebut.

Posisi seks untuk rematik lebih disarankan dengan posisi berbaring ataupun sambil berdiri. Misalnya:

  • Spooning – Anda dan pasangan berbaring menyamping menghadap ke arah yang sama, dengan posisi pria berada di belakang wanita.
  • Misionaris – Jika pasangan wanita yang memiliki asam urat, maka posisi seks ini cocok untuk Anda lakukan. Sebab wanita tidak perlu melakukan terlalu banyak gerakan yang bisa memperparah asam urat.
  • Woman on top – Bila prianya yang memiliki asam urat, maka posisi ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Kebalikan dari missionary, perempuan harus berada di atas sementara pria berbaring atau duduk bersandar.
  • Posisi berdiri – Pilihan lain selain berbaring, bisa Anda lakukan dengan berdiri. Posisinya mengharuskan pria berada di belakang wanita untuk melakukan penetrasi, dengan posisi wanita agak membungkuk ke depan.
  • Doggy style – Posisi ini bisa dilakukan apabila prianya yang memiliki asam urat. Pasangan wanita siap dalam posisi merangkak sambil menumpu tubuhnya dengan kedua tangan, sehingga posisi punggungnya cenderung lebih tinggi. Posisi ini memberikan sedikit tekanan pada punggung pria saat melakukan penetrasi. Siapkan bantal atau guling yang dapat membantu meningkatkan kenyamanan Anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di doktersehat.com dengan judul "Cara Seks yang Aman dan Nyaman Bagi Penderita Asam Urat"
 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...