Seks Saat Hamil? Berikut Beberapa Tipsnya
ilustrasi

Seks Saat Hamil? Berikut Beberapa Tipsnya

Jumat, 28 Jun 2019 | 19:32 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Berhubungan seks saat hamil terbilang aman apabila kehamilan Anda baik-baik saja, tanpa masalah berarti. Nah supaya lebih aman, sebaiknya baca dulu tips berikut agar bumil bisa tetap nyaman di atas ranjang.

Tips penting berhubungan seks saat hamil

1. Ketahui dulu risikonya

Berhubungan seks saat hamil boleh-boleh saja. Namun ditekankan sekali lagi, boleh asalkan dokter mengiyakan dan kehamilan Anda tidak berisiko tinggi.

Menurut Dr. Joseph Chappelle, asisten dosen kejurusan Ob-gyn di Stony Brook University New York, ada beberapa kondisi tertentu yang membuat perempuan dilarang berhubungan intim saat hamil.

Kondisi yang paling sering menjadi penyebabnya adalah plasenta previa. Plasenta previa membuat sebagian plasenta atau seluruhnya melekat pada serviks. Penetrasi dan gerakan panggul selama hubungan intim dikhawatirkan berisiko lepas. Ini merupakan kondisi yang membahayakan ibu dan janin. Menurut dr. Chapelle, sekitar 1% wanita hamil di dunia mengalami plasenta previa.

Beberapa dokter mungkin juga tidak menyarankan ibu hamil untuk berhubungan seks di trimester pertama jika pernah keguguran, aborsi, atau melahirkan prematur sebelumnya.

Maka, konsultasi dulu ke dokter mengenai aman tidaknya Anda untuk berhubungan seks saat hamil. Apabila dokter memberikan lampu hijau, tentu tidak ada salahnya. Namun jika berpotensi masalah, dokter dapat merekomendasikan aktivitas seksual lain agar Anda bisa tetap bermesraan dengan suami tanpa penetrasi penis. Misalnya, seks oral.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...