Seks Saat Hamil Bisa Sebabkan Bayi Lahir Prematur?
ilustrasi

Seks Saat Hamil Bisa Sebabkan Bayi Lahir Prematur?

Kamis, 25 Jul 2019 | 06:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Seks saat hamil masih sering dianggap sebagai hal yang tabu. Kebanyakan perempuan enggan melakukannya pada masa ini karena takut membahayakan kondisi janin di dalam kandungan. Bahkan, katanya seks saat hamil bisa menyebabkan kelahiran prematur. Benarkah begitu?

Seks saat hamil sebabkan kelahiran prematur?

image0

Kebanyakan penelitian tidak menunjukkan bahwa seks saat hamil dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur.

Berhubungan seks saat hamil umumnya tidak berbahaya. Bila Anda tidak memiliki masalah medis tertentu dan kandungan Anda terbilang baik-baik saja, maka aman untuk tetap berhubungan seks saat hamil.

Tak perlu takut seks saat hamil akan membahayakan janin di dalam kandungan. Janin akan selalu dilindungi oleh kantung ketuban berisi cairan dan otot-otot rahim yang kuat. Lubang serviks juga tersumbat oleh lendir tebal sehingga sperma dan hal lainnya tidak dapat menembus sampai ke janin, apalagi penis.

Tidak perlu khawatir juga soal orgasme saat hamil. Orgasme yang mungkin Anda rasa saat berhubungan seks mungkin dapat menyebabkan rahim kontraksi. Hal ini terjadi karena tubuh melepaskan hormon prostaglandin selama Anda orgasme. Hormon inilah yang menyebabkan rahim berkontraksi, sehingga Anda merasakan otot-otot rahim mengeras setelah mencapai klimaks.

Namun, tak perlu khawatir. Efek kontraksi ini ringan sehingga tidak memicu kelahiran prematur. Meski begitu, lain cerita kalau sebelumnya Anda punya riwayat kelahiran prematur.

Bila Anda sudah pernah melahirkan prematur, maka Anda harus lebih berhati-hati. Dokter biasanya akan mewanti-wanti Anda untuk menghindari seks sampai setelah melahirkan nanti.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...