Sektor Hankam dapat Rapor Hijau, Pengamat: Prabowo Banyak Selesaikan Masalah

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan sebulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Sektor Hankam dapat Rapor Hijau, Pengamat: Prabowo Banyak Selesaikan Masalah
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Winnetnews.com -  Pertahanan dan keamanan (hankam) menjadi salah satu sektor yang mendapat rapor hijau dalam survei kinerja dua tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada Selasa (19/10).

Menurut Pengamat militer Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi, hal ini karena Prabowo dianggap banyak menyelesaikan persoalan pertahanan dan keamanan yang tidak bissa diatasi pemerintahan sebelumnya.

"Misalnya terkait modernisasi alutsista (alat utama sistem persenjataan). Kita bicara juga tentang bagaimana menyempurnakan sistem keamanan semesta dengan direalisasikannya komponen cadangan (komcad)," ucapnya saat dihubungi di Jakarta, Rabu (20/10).

Dalam survei tersebut sebanyak 61,3% responden menyatakan bidang keamanan baik/sangat baik, sementara sedang 24,2%, buruk/sangat buruk 11,8%, dan tidak tahu/tak menjawab 2,4%.

Hail itu meningkat dibanding pada September 2019, sebelum Prabowo menjabat Menteri Pertahanan dengan hanya 60,4% responden yang menilai kinerja bidang hankam baik/sangat baik.

Sebagai informasi, survei SMRC tersebut dilakukan pada 15-21 September 2021 dengan melibatkan 1.220 responden. Tingkat kesalahan (margin of error) sekitar 3,19% dan kepercayaan (level of confidence) 95%.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...