(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Selain Belajar, Inilah Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Makin Cerdas

Oky
Oky

Selain Belajar, Inilah Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Makin Cerdas Sumber Foto : Istimewa

Winnetnews.com - Mempunyai kecerdasan adalah keinginan semua orang. Meski kecerdasan bisa diraih dengan sering belajar, namun ada faktor lain yang bisa menentukan kecerdasan seseorang yaitu 'kebiasaan'.

Nah kebiasaan apa saja yang bisa membuat seseorang jadi makin cerdas? yuk kita simak penjelasan dibawah ini...

1. Membaca

Tidak dipungkiri kalau dengan membaca siapa saja bisa menambah ilmu dan kepintarannya. Dengan terbiasa membaca maka otakmu akan terbiasa mencerna informasi yang ada. Kamu bisa membaca koran, majalah, ataupun ensiklopedia untuk meningkatkan intelegensimu.

2. Kursus online

Ingin mempelajari sesuatu yang baru dan menarik? Kamu bisa melakukannya dengan cara online ke internet. Internet adalah dunia tanpa batas untuk kamu berselancar. Jika kamu sedang ingin mempelajari bahasa asing, kamu cukup online ke Youtube dan memilih tutor asli dari negara tersebut yang cocok untuk kamu ikuti kelasnya.

3. Aktif bertanya

Pastinya setiap orang selalu mempunyai pertanyaan dan pertanyaan tersebut akan membuat kamu lebih kritis dalam mencari tahu sebuah jawaban. Jadi, jangan malu untuk bertanya dan jangan malas untuk mencari jawabannya. Malu bertanya sesat di jalan loh.

4. Menonton program pendidikan

Menonton kadang-kadang lebih menyenangkan daripada membaca. Bagi kamu yang tidak suka membaca tapi tetap ingin menambah ilmu, tentunya pilihan jatuh ke menonton program pendidikan seperti Discovery Channel atau TEDx.

5. Main permainan yang mengasah otak

Banyak permainan menyenangkan yang menggunakan strategi dan juga mengasah otak. Seperti permainan scrabble, catur, sudoku, othello dan banyak lainnya. Kamu bisa memainkan scrabble bersama teman-temanmu atau main sendiri di gadget. Selain mengasah otak, main scrabble juga berguna melatih ingatan tanpa perlu melihat kamus.

6. Bergaul dengan orang-orang pintar

Ketika kamu bertemu atau bergaul dengan orang-orang pintar, pergunakanlah waktu tersebut dengan baik. Dengan berbagi maka kamu bisa belajar banyak dari mereka.

7. Traveling

Ketika kamu berada di zona nyamanmu, kamu banyak kehilangan peluang untuk menambah ilmu. Keluar dan pergilah menjelajah ke daerah atau kota lain. Temui hal-hal baru yang belum kamu ketahui sebelumnya.Bertemulah dengan orang-orang baru untuk berbagi sekalipun orang asing. Terkadang dalam perjalanan kamu akan bertemu dengan orang-orang yang inspiratif dan kamu bisa belajar banyak dari mereka.

8.  Menulis

Banyak orang yang berpikir tapi sulit mengutarakan apa yang ada di pikirannya karena terlalu banyak informasi yang diserap. Salah satu cara untuk mengutarakan pendapat adalah dalam bentuk tulisan. Dengan menulis kamu bisa mengeluarkan kembali apa yang kamu serap. Seperti hanya menuliskan ide atau solusi dari suatu permasalahan, artikel, novel, dan banyak lainnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});