Selain Bisa Mencegah Kanker Hati, Ini Manfaat Lain Minum Kopi

Rusmanto
Rusmanto

Selain Bisa Mencegah Kanker Hati, Ini Manfaat Lain Minum Kopi ilustrasi
Winnetnews.com - Siapa sih yang nggak suka minum kopi? Memang bagi mereka yang memiliki masalah asam lambung atau alergi dengan minuman ini akan berusaha untuk menghindarinya, namun secara umum, banyak orang yang gemar mengonsumsinya, baik itu di rumah, tempat kerja, atau di warung dan kafe-kafe. Tak hanya nikmat, kopi juga dianggap bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk di antaranya adalah menurunkan risiko kanker.

Dampak minum kopi bagi risiko kanker hati

Pakar kesehatan menyebut kopi memang bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker. Salah satunya adalah kanker hati. Fakta ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan para peneliti gabungan dari University of Southampton, Inggris dan University of Edinburgh, Skotlandia.

Dalam penelitian ini, 26 riset yang terkait dengan kopi dan melibatkan lebih dari 2 juta partisipan dilibatkan. Hasilnya adalah, para partisipan yang rutin minum kopi satu cangkir saja setiap hari mengalami penurunan risiko terkena kanker hati atau dalam dunia medis disebut sebagai hepatocellular cancer sampai 20 persen. Jika sampai konsumsi kopi ditingkatkan menjadi dua cangkir setiap hari, penurunan risiko terkena kanker hati bahkan bisa diturunkan menjadi 35 persen.

Tak hanya kopi dengan kandungan kafein, konsumsi kopi bebas kafein juga bisa memberikan manfaat yang sama. Hanya saja, manfaat kesehatannya memang tidak akan sebanyak jika kita minum kopi dengan kafein.

Dr. Oliver Kennedy yang memimpin penelitian ini menyebut kopi memang bisa memberikan dampak besar bagi risiko kanker hati, namun kita sebaiknya tidak mengonsumsinya dengan berlebihan. Sebagai contoh, ada sebagian orang yang mengalami gejala jantung berdebar-debar, peningkatan asam lambung, hingga mengalami massalah susah tidur akibat meminumnya terlalu banyak.

Apa Reaksi Kamu?