Selain Danau Toba, 3 Danau Ini Juga Harus Kamu Kunjungi di Sumatera Barat

Fellyanda Suci Agiesta
Selasa, 02 Agustus 2016 14:50 WIB
Oleh Fellyanda Suci Agiesta pada Selasa, 02 Agustus 2016 14:50 WIB
Image Selain Danau Toba, 3 Danau Ini Juga Harus Kamu Kunjungi di Sumatera Barat

WinNetNews.com - Pesona wisata alam Sumatera Barat memang tidak ada habisnya. Selain masih terawat, traveler juga bisa menikmati perjalanan yang menakjubkan. Dikarenakan struktur jalan yang masih landai dan menikuk tajam.

Tidak hanya itu saja, Sumatera Barat juga terkenal dengan danau – danaunya yang luas layaknya sebuah pantai yang tak berombak. Mungkin kamu mengenal Danau Toba? Ya! Danau terbesar di Indonesia ini merupakan mascot kebanggaan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Sumatera Barat.

Tapi tidak hanya Danau Toba saja yang menjadi kebanggaan. Coba telusuri Sumatera Barat lebih dalam lagi dan temukan 3 Danau ini!

1. Danau Singkarak

image0

Danau Singkarak terletak di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Banyak kepercayaan yang menyelimuti danau ini. salah satunya meminum air Danau Singkarak sebelum bermain air di sana. Kalau kata orang sekitar sih secara tidak langsung kita telah menjadi masyarakat Singkarak. Selain itu, jika kita tidak minum air Danau Singkarak, maka akan terjadi kecelakaan pada diri kita. Bahkan konon Danau Singkarak sering memakan korban pada hari Jumat.

Kepercayaan memang selalu tertanam di semua tempat wisata. Bergeser dari masalah kepercayaan, kini kita beralih ke jalur kereta di Pinggir danau.

Pernah membayangkan bertraveling ria menggunakan kereta sambil melewati tepian Danau Singkarak? Pasti indah banget! Rute kereta ini yaitu Solok-Sawahlunto-Batutabal. Kereta api ini beroperasi hanya hari libur, yakni hari Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya. Yang mau menyewa kereta ini juga bisa, untuk keperluan pariwisata, tapi hanya untuk 2 jam saja sehari.

 

2. Danau Maninjau

image1

Perjalanan menuju Danau Maninjau terbilang menantang. Siapa sangka kamu akan melintasi kelok 44. Apa itu kelok 44? Sebuah jalur yang memiliki 44 tikungan. Selain banyak, kelok 44 ini juga memiliki tikungan yang cukup tajam. Maka dari itu kamu harus berhati – hati, karena banyak mobil besar seperti bus yang melintai jalur ini.

Tapi setelah itu, kamu akan melihat indahnya Danau Maninjau dari bawah kelok 44. Luas bagai tak terbatas. Untuk bisa melintasi kelok 44 menuju Danau Maninjau, kamu bisa mengawali perjalananmu dari Bukittinggi.

Suasana Danau Maninjau terbilang sepi. Cocok sih untuk kamu yang senang menyediri. Air danau juga masih jernih, jadi bagi kamu yang sudah hatam bagaimana caranya berenang, silahkan berenang di Danau Maninjau. Dengan syarat tidak boleh berenang hingga ketengah danau. Berbahaya!

 

3. Danau Atas Danau Bawah (Danau Kembar)

image2

Loh Danau Atas Danau Bawah? Ya! Danau ini memang terletak bersebelahan, satu danau di atas dan satu danau lagi di bawah. Tapi jangan tertipu dengan letak danau. Letak danau tidak menjamin nama sebenarnya..

Maksudnya?

Danau yang berada di atas dinamakan Danau Bawah dan danau yang berada di bawah bernama Danau Atas. Jarak kedua danau ini sangat dekat, hanya berjarak 300 meter. Kedalam danau juga berbeda, untuk danau yang berada di atas memiliki kedalaman lebih dari 500 meter sedangkan danau yang berada di bawah memiliki kedalaman hanya 44 meter.

Danau Kembar ini berada di dataran tinggi Bukit Barisan. Jadi jangan heran saat kamu tiba di Danau Kembar, kamu akan disambut dengan suasana sejuk nan asri.

 

Minyak Zaitun Cegah Keriput dan Garis Halus
Trump Kecam Uni Eropa Terkait Denda untuk Google

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.