Selain Didukung PDIP, Gus Ipul-Azwar Anas Juga Didukung PKB

Selain Didukung PDIP, Gus Ipul-Azwar Anas Juga Didukung PKB ilustrasi

WinNetNews.com - PDIP resmi mengusung Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Abdullah Azwar Anas maju di Pilgub Jatim 2018. Keduanya juga didukung oleh partai penguasa kursi di Jawa Timur yakni PKB. 

Nama Gus Ipul dan Azwar Anas diumumkan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat pada Minggu (15/10/2017). 

Baca juga: Megawati Pilih Saifullah Yusuf Sebagai Bakal Cagub Jawa Timur

Selain mereka berdua, sebelumnya sempat ada nama-nama yang digadang-gadang untuk diusung PDIP di Pilgub Jatim. Mulai dari Tri Rismaharini hingga Djarot Saiful Hidayat.

Gus Ipul dan Azwar Anas juga mendapat dukungan dari PKB. Peresmian dukungan ditandai dengan diterbitkannya surat keputusan yang diteken Ketum PKB Muhaimin Iskandar dan Sekjen PKB Abdul Kadir Karding.

"Mengesahkan Drs H Saifullah Yusuf sebagai calon Gubernur Provinsi Jawa Timur dari Partai Kebangkitan Bangsa pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2018," demikian penggalan surat tersebut, Rabu (11/10).

PKB diketahui memiliki 20 kursi di DPRD Jawa Timur dan sebenarnya bisa mengusung Gus Ipul tanpa berkoalisi. Sebab persyaratan KPU untuk mengusung calon lewat jalur parpol yakni minimal 20 kursi di parlemen, atau 25 persen akumulasi suara sah.

Namun jalan berbeda ditempuh oleh PKB yang sepakat berkoalisi dengan PDIP yang memiliki 19 kursi di DPRD. Total kekuatan mereka yakni 39 kursi.

Jumlah itu diperkirakan menguat jika nantinya PKS ikut merapat dengan koalisi PDIP-PKB. PKS terlihat ikut melirik pasangan Gus Ipul-Azwar Anas. Di DPRD Jatim diketahui PKS memiliki 6 kursi. 

"Bagus PDIP sudah menetapkan, dan peluang Gus Ipul menjadi membesar. PKS dengan Gus Ipul termasuk intens pembahasannya," ucap Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, kepada wartawan di Hotel Grand Cempaka, Jalan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (15/10).

Mardani pun mengatakan, di antara calon lain, PKS lebih intens berkomunikasi dengan Gus Ipul. Namun, untuk kepastian akan disampaikan oleh DPD PKS Jawa Timur.

"Nanti teman-teman (PKS) Jawa Timur yang umumkan, tapi kita dapat info interaksi yang hampir mendekat dengan Gus Ipul," kata Mardani. (detikcom)