Selain Enak Dikonsumsi, Singkong Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Rusmanto
Rusmanto

Selain Enak Dikonsumsi, Singkong Juga Bermanfaat untuk Kesehatan ilustrasi

Winnetnews.com - Siapa yang tidak kenal dengan singkong? Ya, sebagai masyarakat Indonesia, singkong tentu sudah bukan barang asing lagi. Hampir setiap hari kita melihat jenis umbi-umbian ini dalam pelbagai olahan makanan seperti gorengan, singkong rebus, keripik singkong, dan lainnya. Singkong tak hanya enak, namun juga bermanfaat bagi kesehatan

Manfaat Singkong bagi Kesehatan Tubuh

Berbahagialah Anda yang gemar mengonsumsi singkong. Pasalnya, ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan apabila rutin mengonsumsinya.

Ada apa saja sih manfaat singkong bagi kesehatan? Tentu saja ada banyak sekali melihat dari kandungan gizi singkong yang disebutkan di atas. Namun berikut adalah manfaat singkong bagi kesehatan yang—bisa dikatakan—paling vital. Apa saja? Simak informasinya.

1. Sumber Energi bagi Tubuh

Manfaat singkong yang pertama adalah sebagai sumber energi bagi tubuh. Hal ini tak lepas dari kandungan kalori di dalamnya yang cukup tinggi yakni mencapai 160 kalori untuk setiap 100 gram singkong.

Tidak hanya itu, alasan mengapa singkong adalah sumber energi yang baik bagi tubuh karena jenis umbi yang memiliki nama latin Manihot esculenta ini juga mengandung karbohidrat. Karbohidrat adalah bahan bakar utama bagi tubuh. Zat ini nantinya bertransformasi menjadi glukosa. Nah, glukosa tersebutlah yang menjadi energi bagi tubuh.

Karbohidrat juga diperlukan oleh organ tubuh seperti otak untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Kekurangan karbohidrat disinyalir  membuat otak hilang fokus.

Apa Reaksi Kamu?