Selain Faktor Usia, Ini Penyebab Lainnya Kulit Keriput
ilustrasi

Selain Faktor Usia, Ini Penyebab Lainnya Kulit Keriput

Selasa, 14 Jul 2020 | 06:34 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Keriput adalah kondisi yang semua orang pasti akan mengalaminya. Selain karena faktor usia, ternyata ada faktor-faktor lainnya yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kondisi ini lebih cepat! Ketahui lebih lanjut mengenai keriput pada kulit mulai dari ciri-ciri, penyebab, hingga pengobatan dan pencegahannya.

Apa Itu Keriput?

Keriput adalah kondisi ketika pada kulit muncul kerutan, garis, atau lipatan. Munculnya keriput ini umumnya terkait dengan proses penuaan. Tak heran, kulit keriput lazim dimiliki oleh orang-orang yang sudah masuk kategori lanjut usia (lansia).

Keriput bisa terjadi di seluruh permukaan kulit. Akan tetapi, kondisi ini lebih umum dialami oleh area kulit yang sering terpapar sinar matahari seperti kulit wajah, leher, lengan, dan kaki. Selain itu, faktor genetik juga pada beberapa kasus memainkan peranan dalam membuat kulit menjadi keriput.

Ciri dan Gejala Keriput

Ciri-ciri kulit keriput dapat dikenali dengan mudah, yakni pada kulit muncul kerutan, garis-garis halus, dan lipatan. Selain itu, seseorang yang memiliki kulit keriput juga tekstur kulitnya biasanya terbilang kasar.

Gejala keriput ini biasanya akan semakin jelas terlihat seiring dengan bertambahnya usia. Area kulit yang biasanya menjadi lokasi munculnya keriput adalah sebagai berikut:

  • Wajah
  • Leher
  • Lengan
  • Kaki

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...