Selain Gaji atau Uang , Ini Nih 6 Hal Yang Bisa Bikin Kamu Senang

Selain Gaji atau Uang , Ini Nih 6 Hal Yang Bisa Bikin Kamu SenangIlustrasi piknik di pantai (iStockphoto)

WinNetNews.com - Uang merupakan hal penting bagi seseorang yang memikirkan kualitas hidup. Namun itu bukan satu-satunya. Bahagia bukan diukur dari seberapa kamu kaya, akan tetapi bagaimana kamu memiliki cara untuk menyeimbangkan hidup dan meraih kebahagiaan yang hakiki.

Seperti pepatah bilang, uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Tapi faktanya, bagi orang yang hobi nonton konser, belanja, makan, mereka rela merogoh kocek dalam hanya untuk kesenangan tersebut.

Selain gaji atau uang, berikut enam hal yang bisa meningkatkan kedamaian dan kebahagiaan pribadi, seperti dikuti dari situs Liputan6 dari laman lifehack.org, Rabu (13/6/2018).

1. Buat waktu seefisien mungkin

Kurangi waktu dan jarak tempuh antara kantor dan rumah. Dengan hal ini, kamu bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Jangan habiskan waktu belasan bahkan puluhan tahun untuk bolak balik kantor rumah dengan jarak yang cukup jauh dan hanya akan menguras tenaga mu.

Seseorang yang pernah menjalani kehidupan seperti ini selama 10 tahun, memutuskan untuk menyewa rumah dengan jarak hanya enam mil dari kantor. Tentunya uang sewa sedikit lebih mahal.

Namun efeknya sangat berarti bagi dirinya dan keluarga. Ia tidak perlu terburu-buru datang ke kantor, sehingga bisa tidur lebih banyak. Selain itu, memperpanjang umur kendaraan.

2. Nikmati hobi

Bagi sebagian orang, kebahagiaan itu ya kalau bisa melakukan kegiatan yang disukai. Jika kamu termasuk orang yang suka dengan hobi shopping, tak ada salahnya untuk menyalurkan hasrat berbelanja apabila itu bisa membuatmu merasa bahagia.

Sebab ada orang yang memang senang menjalankan rutinitas mewahnya. Dalam perjalanan ke kantor, mampir ke kedai kopi terkenal setiap pagi, sarapan di restoran. Ia lakukan selama sepekan, dan hal itu diklaim bisa membuatnya senang.

3. Kurangi daftar pekerjaan

Mulai sekarang kurangi daftar tugas atau pekerjaan mu. Hal ini bukan berarti akan menurunkan loyalitas, profesionalitas, maupun kualitas mu dalam bekerja. Justru hal tersebut bisa membuat lebih banyak waktu untuk dirimu.

Awali hari dengan pertanyaan seperti ini, "Apa tugas paling penting yang harus diselesaikan hari ini?"

4. Pergi ke tempat yang memberikan ketenangan

Ada saatnya seseorang ingin menyendiri, jauh dari kebisingan. Berada di tempat yang bisa memberikan ketenangan untuk pikiran dan jiwa. Ini sangat penting supaya kamu bisa rileks.

Kamu juga bisa melakukan aktivitas yang mengurangi kepenatan di kantor. Cobalah untuk berjalan ke luar saat jam istirahat, membaca buku di taman, atau hal-hal lain yang dapat membawa mu kembali fresh.

5. Bersantai seharian

Jangan menyentuh pekerjaan di hari libur. Habiskan waktu libur seharian penuh hanya bersantai, berbelanja, jalan atau piknik bersama keluarga atau pacar, menonton film, membaca buku favorit, atau main game. Hari itu akan menjadi hari libur yang menyenangkan.

6. Menata rumah

Ada orang yang sangat suka berbenah rumah, menata kembali seluruh ruang sampai taman sehingga mendapat suasana baru. Mereka bisa menyalurkan ide kreatif dalam setiap penataan sehingga ini menjadi kegiatan yang menyenangkan.