Skip to main content

Selain Kaldu Ayam, 4 Kaldu ini Sangat Lezat Jika Dibuat Sup

Ilustrasi kaldu. Foto: Istimewa
Ilustrasi kaldu. Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Saat musim hujan sup jadi makanan yang idaman setiap orang. Sup identik dengan kuah kaldu yang rasanya sangat gurih dan lezat. Sup hangat sangat pas disantap dalam cuaca dingin.

Meskipun sup punya aneka ragam jenis yang sangat beragam tapi sebenarnya dasar kaldu yang digunakan DALAM KUAH SUP hanya terdiri dari beberapa jenis saja. Dilansir dari TheCulinaryCook, berikut empat jenis kaldu yang sering jadi kuah gurih pada suguhan sup yang super nikmat.

White Stock

White stock atau yang juga disebut sebagai kaldu putih adalah kaldu yang terbuat dari rebusan tulang sapi atau ayam. Tulang sapi atau ayam direbus dalam air hingga keluar sarinya. sarinya inilah yang membuat rasa kaldu semakin gurih. Meskipun namanya kaldu putih, Kaldu ini berwarna kuning bening dan punya rasa yang ringan. Kaldu ini biasa digunakan sebagai bahan kuah sup pengganti air, orang memilih menggunakan kaldu putih agar rasanya lebih lezat namun warna sup tetap bersih dan bening.

Brown Stock

Brown stock yang dalam bahasa Indonesia berarti kaldu coklat ini memiliki warna yang coklat gelap. Kaldu coklat sama seperti kaldu putih, terbuat dari tulang sapi. Tetapi untuk membuat kaldu coklat ini tulang sapi harus dibakar sampai keluar lemaknya terlebih dahulu sebelum direbus. Kemudian tulang direbus dalam air hingga menjadi kaldu, kurang lebih waktu yang dibutuhkan adalah 8 hingga 12 jam. Biasanya untuk membuat kaldu coklat ini yang paling baik adalah dengan menggunakan tulang kaki sapi. Rasa kaldu ini juga sangat kuat dan supnya berbau agak gosong. Oleh sebab itu kebanyakan kaldu coklat ini dimanfaatkan sebagai bahan pembuat saus barbeque, atau saus-saus lainnya.

Kaldu Ikan

Tak selalu hewan berkaki empat yang bisa dimanfaatkan tulangnya untuk membuat kaldu. Kaldu yang lezat juga bisa terbuat dari rebusan tulang ikan. Namun kaldu ikan lebih cocok untuk dijadikan sup dari makanan laut (seafood). Kaldu ikan memiliki karakteristik warna yang lebih putih dan bening, serta bersih karena tulang ikan tidak mengandung banyak lemak. Tapi jangan salah ya, kaldu ikan memiliki aroma yang sangat kuat meskipun warnanya bening. Untuk membuat kaldu ini tidak dibutuhkan waktu yang lama. Sekitar 45 menit untuk merebus tulang ikan menjadi kuah kaldu. Pada pengolahan makanan Eropa, ada kaldu ikan yang disebut fumet. Ini adalah kaldu ikan yang diolah dengan tambahan white wine untuk membuat aroma dan rasanya semakin mantap.

Kaldu Sayuran

Sayuran juga bisa dijadikan bahan baku pembuatan kaldu lho!. Jenis sayuran yang bisa digunakan sebagai bahan pembuat kaldu adalah wortel, daun seledri, kentang, paprika atau campuran antara berbagai sayuran. Kaldu sayuran ini tidak memiliki rasa gurih yang kuat layaknya kaldu yang terbuat dari tulang hewan. Kaldu ini biasanya digunakan bagi para pemakan vegetarian.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top