Selain Makanan, Ini Pemicu Kolesterol Tinggi

Rusmanto
Rusmanto

Selain Makanan, Ini Pemicu Kolesterol Tinggi ilustrasi

Winnetnews.com - Jika kita membicarakan tentang kolesterol tinggi, maka biasanya hal pertama yang akan dituding sebagai penyebabnya adalah pola makan yang tidak sehat. 

Masalahnya adalah makanan-makanan yang tidak sehat ini biasanya memiliki rasa yang enak sehingga sulit untuk kita hindari. Selain makanan-makanan tersebut, kolesterol tinggi ternyata juga bisa disebabkan oleh berbagai hal lainnya.

Berbagai hal yang bisa menyebabkan datangnya kolesterol tinggi selain makanan

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari juga bisa ikut mempengaruhi risiko terkena kolesterol tinggi. Sayangnya, kebiasaan-kebiasaan ini cenderung sering kita lakukan.

Berikut adalah berbagai hal yang bisa memicu kolesterol tinggi tersebut.

1. Malas berolahraga

Sebagian besar orang malas melakukan olahraga. Ada banyak sekali alasan untuk tidak melakukannya seperti kesibukan yang menyita waktu, tubuh yang lelah, hingga keinginan untuk bangun siang. Satu hal yang pasti, kebiasaan malas berolahraga bisa memberikan banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menyebabkan masalah kolesterol tinggi.

Selain akan meningkatkan kadar kolesterol jahat, kebiasaan malas berolahraga atau kurang gerak seharian juga bisa menurunkan kadar kolesterol baik. Hal ini tentu akan bisa meningkatkan risiko terkena aterosklerosis, hipertensi, dan masalah kardiovaskular lainnya.

Melihat fakta ini, sebaiknya kita melakukan olahraga setidaknya 20-30 menit setiap hari. Olahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging, atau bersepeda bisa membantu mencegah datangnya masalah-masalah kesehatan tersebut.

2. Stres

Stres sudah dikenal luas sebagai penyebab datangnya berbagai masalah kesehatan, baik itu fisik maupun mental. Jika kita menyepelekannya, maka risiko terkena kolesterol tinggi juga akan meningkat.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan stres dalam menyebabkan kekacauan hormon dan sistem metabolisme tubuh. Hal ini bisa berperan dalam menyebabkan kenaikan kadar kolesterol jahat sekaligus penurunan kadar kolesterol baik. Selain itu, stres juga bisa membuat kita menerapkan pola makan yang buruk, tepatnya dalam hal mengonsumsi makanan-makanan tinggi kolesterol demi memuaskan pikiran dan mengatasi stres yang sedang diderita.

Melihat fakta ini, sebaiknya kita mengelola stres dengan lebih baik seperti dengan melakukan latihan pernapasan, berolahraga, piknik, atau melakukan hobi yang disukai demi mencegah datangnya masalah kesehatan.

Apa Reaksi Kamu?