Selain Minum, Beginilah Cara Jaga Hidrasi saat Puasa

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Selain Minum, Beginilah Cara Jaga Hidrasi saat Puasa
WinNetNews.com - Mencukupi kebutuhan air merupakan cara terbaik untuk menghindari dehidrasi. Namun saat bulan Ramadan, minum air dapat membatalkan puasa. Oleh karena itu, Simak 4 tips ini agar tubuh tetap terhidrasi dengan tepat. Let's check it out.

Gunakan pakaian yang tepat

Saat berpuasa, hati-hati dengan busana yang dikenakan. Perhatikan warna baju, tebalnya lapisan hingga bahan kain, karena semua itu berpengaruh pada suhu dan kadar air dalam tubuh.

Sebisa mungkin hindari busana warna gelap atau hitam karena warna ini cenderung menyerap panas dan membuat suhu tubuh jadi meningkat saat siang hari. Gunakan pakaian dengan bahan katun agak longgar, sehingga keringat cepat menguap dan kegiatan sehari-hari jadi lebih nyaman.

Mandi dengan air dingin

Mandi dengan air dingin dapat membantu kamu untuk menghidrasi tubuh. Perlu diketahui, jika mulai terasa bibir pecah, kulit memerah, kelelahan, meningkatnya denyut nadi dan sedikit pusing, ini adalah tanda-tanda kamu butuh cairan.

Karena tidak memungkinkan untuk minum di siang hari, karena itu tak ada salahnya bersihkan diri atau mandi dengan air dingin. Cara ini dapat menurunkan suhu tubuh dengan cepat.

Rencanakan asupan yang tepat

Apa yang kamu konsumsi, memainkan peran penting saat menjalani ibadah puasa. Misalnya, makanan manis dapat memicu kamu jadi cepat haus, sementara itu konsumsi buah dan sayuran merupakan cara tepat menghidrasi tubuh. Karena itu, konsumsi makanan tersebut dengan teratur saat berbuka dan makan sahur.

Olahraga

Olahraga dapat memicu keluarnya keringat. Disamping itu, olahraga juga dapat membantu untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Meski berpuasa, olahraga teratur perlu dilakukan agar stamina tetap prima. Pilih waktu yang tepat untuk berolahraga, dianjurkan dua atau tiga jam setelah berbuka puasa. Kemudian diimbangi dengan minum air yang cukup setelahnya dan sebelum tidur.

Apa Reaksi Kamu?