Skip to main content

Selain Tol JORR, Ini Jalan Tol yang Dapat Dilintasi Sepeda Motor

Selain Tol JORR, Ini Jalan Tol yang Dapat Dilintasi Sepeda Motor
Selain Tol JORR, Ini Jalan Tol yang Dapat Dilintasi Sepeda Motor

Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) di depan Mal Cilandak Town Square (Citos), Jakarta Selatan, bukan satu-satunya tol yang dapat dilintasi sepeda motor. Di Indonesia ada dua jalan tol yang memperbolehkan kendaraan roda dua mengaspal.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Jalan Tol Bali Mandara juga menghalalkan sepeda motor melintas. Ada jalur sepeda motornya di ruas sisi kiri dan kanan tol tersebut, Selasa (4/8/2015).

Motor yang melintasi tol tersebut kecepatan dibatasi 25 km/jam sampai 40 km/jam. Tol tersebut membentang sepanjang 12,7 km di atas laut. Jalan Tol Bali Mandara menghubungkan antara Benoa, Ngurah Rai Tuban, dan Nusa Dua.

Selain itu Jembatan Tol Suramadu juga memperbolehkan sepeda motor melintasi. Tol yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura memiliki jalur khusus kendaraan roda dua.

Tol Suramadu memiliki panjang 5,4 km. Tol tersebut diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Juni 2009 lalu.

Sebelumnya jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) di depan Mal Cilandak Town Square (Citos), Jakarta Selatan dapat dilintasi sepeda motor. Sepeda motor dapat meintasi jalan bebas hambatan tersebut sejak Minggu, 2 Agustus hingga akhir Desember.

Diperbolehkannya kendaraan roda dua melintasi jalan bebas hambatan, dimaksudkan agar kemacetan pada jam-jam sibuk di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan berkurang. Kemacetan di wilayah tersebut lantaran volume kendaraan, juga diakibatkan oleh akibat proyek pelebaran jalan.

"Kami ambil kebijakan, pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB setiap hari kerja sepeda motor kita arahkan masuk jalur tol, tapi dikasih pengaman berupa pembatas agar sepeda motor tetap di kiri," kata Kepala Sub Direktorat Pendidikan dan Rekayasa Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Ipung Purnomo Ipung saat dikonfirmasi.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top