Selain Turunkan Berat Badan, Manfaat Apel Dapat Mencegah Asma Juga Loh
Ilustrasi Buah Apel ( Photo doktersehat.com )

Selain Turunkan Berat Badan, Manfaat Apel Dapat Mencegah Asma Juga Loh

Sabtu, 18 Jan 2020 | 15:13 | Muchdi

Winnetnews.com -  Apel disebut sebagai buah yang familiar serta paling banyak dibudidayakan dan dikonsumsi di dunia. Berasal dari wilayah Asia Tengah, apel tak hanya lezat dikonsumsi namun memiliki efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat apel antara lain bisa menurunkan berat badan hingga mencegah datangnya penyakit kronis.

 Apel yang juga dikenal dengan nama Malus domestica ini rendah sodium, lemak, dan kolesterol. Meski tak mengandung protein, tapi apel merupakan sumber vitamin C, serat, dan antioksidan yang tinggi, serta nutrisi penting lainnya vitamin B kompleks seperti riboflavin, thiamin, dan vitamin B6, fitonutrien, kalsium, potassium, dan fosfor.

Berbagai nutrisi penting tersebut yang membuat apel menjadi buah ajaib yang ampuh memberantas penyakit. Meskipun makan apel tidak dapat menyembuhkan total, namun setidaknya dapat mencegah dan meminimalisasi serangan risiko penyakit.

Berikut manfaat mengonsumsi apel bagi kesehatan dilansir dari beberapa sumber.

1. Gigi yang lebih putih dan sehat

Menggigit dan mengunyah apel merangsang produksi air liur di mulut yang bisa mengurangi kerusakan gigi dengan menurunkan jumlah bakteri. Bakteri mulut inilah faktor terbesar penyebab masalah gigi.

Namun perlu diingat, bukan berarti dengan makan apel lantas menggantikan aktivitas menyikat gigi. Selain itu disarankan untuk tidak mengonsumsi apel terlalu banyak. Kandungan asamnya yang tinggi, bahkan 4 kali lebih kuat dari minuman soda, dapat merusak enamel gigi. Porsi amannya adalah satu buah apel sehari.

Agar tidak semakin mengabrasi gigi, dokter menyarankan potong apel menjadi beberapa bagian ketimbang menggigitnya langsung. Setelahnya jangan lupa berkumur agar menghilangkan asam dan gula yang tertinggal di dalam mulut yang merupakan penyebab berkembangnya bakteri.

2. Mencegah Alzheimer dan Parkinson

Merujuk Besthealthmag.ca, manfaat mengonsumsi apel secara rutin dapat menjaga kesehatan otak. Sebuah studi menunjukkan bahwa minum jus apel dapat menjauhkan dari Alzheimer dan melawan efek penuaan pada otak.

Tak hanya itu, orang yang makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi seperti apel dapat terhindar dari penyakit Parkinson--kondisi yang ditandai oleh kerusakan sel-sel saraf penghasil dopamin di otak.

Para ilmuwan menyimpulkan hal tersebut merupakan efek positif anti-radikal bebas dari antioksidan yang terkandung di dalam apel.

3. Apel dapat menjauhkan risiko berbagai jenis kanker

Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research sepakat bahwa flavonol dalam apel dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker pankreas hingga 23 persen. Selain itu senyawa triterpenoid dalam kulit apel dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di hati, usus besar, dan payudara.

Hal tersebut ditegaskan juga oleh Institut Kanker Nasional di AS telah merekomendasikan asupan serat yang tinggi untuk mengurangi risiko kanker usus besar atau kolorektal. Kecukupan serat inilah bisa didapatkan melalui rajin mengonsumsi buah apel.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...