Selain Turunkan Berat Badan, Teh Hijau Miliki Banyak Manfaat
ilustrasi

Selain Turunkan Berat Badan, Teh Hijau Miliki Banyak Manfaat

Jumat, 24 Mei 2019 | 14:45 | Rusmanto

Winnetnews.com - Varian teh hijau (green tea) kini makin digemari, dan bahkan sudah menjadi tren bagi sebagian kalangan, seperti para pelaku diet menurunkan berat badan. Hal ini tak lepas dari banyaknya manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi teh hijau tak hanya mencegah Anda dari mengalami gangguan kesehatan, namun juga bisa mengobatinya. Lantas, apa saja khasiat teh hijau bagi tubuh?

Manfaat Teh Hijau yang Tak Disangka-sangka

Berbicara mengenai manfaat teh hijau, tentu Anda tidak akan menyangka jika teh yang satu ini memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tubuh. Khasiat teh hijau dihasilkan dari sejumlah zat di dalamnya, seperti vitamin B, potasium, magnesium, mangan, kafein, folat, dan zat antioksidan berupa, asam amino juga polifenol.

Nah, untuk Anda yang ingin mencoba mengkonsumsi teh hijau, berikut adalah manfaat teh hijau yang akan didapat jika minum teh ini secara rutin.

1. Merawat Kecantikan Kulit Wajah

Studi yang dilakukan oleh Medical College of Georgia pada tahun 2003 menemukan fakta bahwa mengkonsumsi teh hijau efektif dalam meningkatkan elastisitas kulit wajah, detoks alami, mengatasi inflamasi, bahkan menghilangkan noda luka yang membekas pada kulit wajah.

2. Menghilangkan Kantung Mata

Kantung mata (Panda’s eye) tentunya sangat mengganggu penampilan, bukan? Salah satu cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengkonsumsi daun teh hijau. Manfaat teh hijau yang satu ini dikarenakan adanya kandungan zat tannin dan antioksidan.

3. Mengatasi Jerawat

Teh hijau juga mengandung katekin, di mana zat ini lantas menghasilkan manfaat teh hijau untuk mengatasi jerawat pada wajah. Katekin adalah zat yang bersifat anti-bakteri, pun fungsinya untuk mengendalikan ketidakseimbangan hormon dan meredakan peradangan (inflamasi) yang menjadi pemicu timbulnya jerawat.

Tak hanya itu, teh hijau—berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam Journal of Investigative Dermatology—mengandung komponen bernama epigallocatechin gallate (EGCG) yang juga memiliki fungsi sama, yakni mengatasi jerawat dengan cara memodulasi objek molekuler intraseluler.

4. Menghindari Penuaan Dini

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, teh hijau mengandung zat antioksidan bernama polifenol. Polifenol ini memiliki peran penting dalam menghalau radikal bebas yang hendak menyerang tubuh, di mana radikal bebas ini berpotensi untuk menciptakan kerusakan pada sel kulit, sehingga kulit lebih cepat mengalami penuaan.

5. Toner Kulit Alami

Masih terkait dengan kulit, khasiat teh hijau lainnya adalah bisa difungsikan sebagai toner kulit alami yang berfungsi untuk mengangkat kotoran pada kulit, mengecilkan pori-pori kulit, dan juga menjaga kulit agar senantiasa terhidrasi.

6. Membakar Lemak

Khusus Anda yang sedang dalam program diet, teh hijau mungkin sudah tidak asing lagi. Bahkan, teh ini mungkin sudah jadi menu rutin sehari-hari.

Teh hijau memang kerap dikaitkan dengan program penurunan berat badan. Khasiat teh hijau yang satu ini telah dibuktikan oleh penelitian. Dikatakan bahwasanya mengkonsumsi teh hijau sebelum melakukan aktivitas olahraga ampuh membakar lemak 17 persen lebih banyak ketimbang tidak minum teh hijau sebelum berolahraga.

7. Membasmi Lemak Abdominal

Lemak jenis abdominal adalah lemak yang tergolong berbahaya karena dapat memicu timbulnya peradangan (inflamasi), resistensi insulin, dan bahkan sampai mengganggu kesehatan jantung.

Nah, sejumlah studi rupanya sudah membuktikan bahwasanya teh hijau ini efektif untuk membakar lemak abdominal tersebut sehingga tubuh terhindar dari komplikasi-komplikasi tersebut.

8. Mobilisator Lemak

Sebelum membakar lemak, tubuh terlebih dahulu harus mengeluarkan lemak dari sel lemak dan memindahkannya ke dalam darah. Teh hijau diklaim efektif untuk membantu kelancaran proses ini, dikarenakan adanya kandungan zat epigallocathecin gallate dan juga kafein.

9. Membatasi Asupan Kalori

Manfaat teh hijau terkait dengan diet menurunkan berat badan lainnya adalah, untuk mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Ini karena mengkonsumsi teh hijau dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga Anda bisa mengontrol asupan kalori, di mana kalori ini berperan dalam meningkatkan berat badan.

10. Memperlancar Metabolisme Tubuh

Pembakaran lemak yang sempurna memerlukan metabolisme tubuh yang baik. Salah satu cara memperlancar metabolisme tubuh secara alami adalah dengan mengkonsumsi teh hijau. Zat yang terkandung di dalam teh hijau membuatnya efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lemak dapat terbakar dengan cepat.

11. Mencegah Diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan di negeri sakura, Jepang menunjukkan bahwa daun teh hijau memiliki khasiat teh hijau untuk meminimalisir risiko terjadinya penyakit gula darah atau kita kenal sebagai diabetes.

Dikatakan dalam penelitian tersebut bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi teh hijau memiliki risiko terkena diabetes 42 persen lebiih rendah ketimbang mereka yang tidak.

12. Mencegah Penyakit Jantung

Jangan sepelekan teh hijau karena nyatanya, manfaat teh hijau sampai bisa mencegah Anda dari terkena penyakit kardiovaskular seperti jantung.

Khasiat teh hijau yang satu ini dikarenakan adanya zat antioksidan, di mana zat antioksidan tersebut bertugas untuk memerangi lemak LDL atau kolesterol ‘jahat’ yang menjadi awal dari timbulnya penyakit jantung.

13. Mencegah Stroke

Selain jantung, penyakit kardiovaskular lainnya yang bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi teh hijau adalah stroke.

Sama halnya seperti penyakit jantung, di sini teh hijau dengan zat antioksidannya berfungsi untuk melawan kolesterol ‘jahat’ pemicu stroke. Dikatakan bahwa orang yang gemar mengkonsumsi teh hijau memiliki risiko terkena stroke 31 persen lebih rendah ketimbang mereka yang tidak.

14. Mencegah Kanker

Kandungan zat antioksidan pada teh hijau juga menghasilkan manfaat teh hijau untuk mencegah tumbuh dan berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

Khasiat teh hijau ini didapat karena zat antioksidan memiliki tugas untuk menangkal radikal bebas, yang mana radikal bebas ini menjadi perusak sel tubuh yang berujung pada timbulnya sel kanker.

15. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Kafein dalam teh hijau, selama tidak dikonsumsi secara berlebihan, akan membawa dampak positif bagi tubuh, salah satunya mengoptimalkan fungsi otak.

Manfaat teh hijau melalui kafeinnya tersebut yakni untuk memblokir adenosine, yakni semacam neurotransmitter penghambat di dalam otak. Sebaliknya, kafein akan meningkatkan neurotransmitter seperti norepinefrin dan dopamine, yang mana keduanya memicu peningkatan fungsi otak.

16. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Teh hijau mengandung zat bernama katekin, di mana katekin ini diklaim memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sejumlah penelitian yang telah dilakukan menemukan fakta bahwa katekin efektif membasmi bakteri Streptococcus, yakni bakteri yang menyebabkan munculnya plak dan juga lubang pada gigi.

17. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Atas adanya sejumlah kandungan zat di dalamnya, maka manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh juga mencakup optimasi sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi teh hijau secara konsisten menurut sejumlah penelitian efektif dalam menjaga tubuh agar senantiasa tahan terhadap infeksi penyakit.

Saran Penyajian Teh Hijau

Minum teh hijau membuat tubuh Anda sehat dan terhindar dari risiko penyakit mematikan. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah minum teh hijau. Berikut adalah cara menyeduh teh hijau:

  • Sediakan 1 sendok makan teh hijau
  • Masukkan teh hijau ke dalam 1 liter air mendidih
  • Tutup wadah selama kurang lebih 5 – 10 menit
  • Sajikan teh hijau selagi hangat
  • Minum secara rutin 3 cangkir per hari

 

 

 

Artikel ini telah tayang di hellosehat.com dengan judul "17 Manfaat Teh Hijau bagi Tubuh (Tak Hanya Turunkan Berat Badan)"
 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...