Selalu Tidur dengan Lampu Menyala, Bocah 7 Tahun Ini Alami Pubertas Dini

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Selalu Tidur dengan Lampu Menyala, Bocah 7 Tahun Ini Alami Pubertas Dini Sumber: Okezone

Winnetnews.com - Anak-anak rata-rata akan mengalami masa pubertas saat usia mereka beranjak 10 atau 11 tahun. Namun hal berbeda terjadi pada seorang anak perempuan berusia 7 tahun asal Ningbo, Zheijiang, bernama Tong Tong  yang mengalami pubertas dini karena tidur dengan lampu menyala.

Awalnya, ibu Tong Tong merasa senang karena tinggi badan anaknya bertambah 10 sentimeter dalam waktu satu tahun. Tetapi ia mulai terkejut dan cemas saat menyadari kalau payudara anaknya mulai tumbuh.

Lantaran khawatir, ibu ini pun segera membawa anaknya untuk diperiksa. Usai menjalani pemeriksaan, dokter mengatakan kalau tulang Tong Tong mirip dengan tulang yang dimiliki oleh seseorang yang berusia tiga tahun lebih tua darinya.

Dokter menjelaskan kalau saat ini Tong Tong mengalami pubertas dini dan folikel ovariumnya sudah meningkat secara signifikan. Ia juga menambahkan kalau kondisi ini sudah terlambat untuk disembuhkan.

Dokter tersebut mengatakan kalau kondisi yang dialami oleh Tong Tong ini bukan lah dari makanan yang ia konsumsi, melainkan ia terlalu sering tidur dengan lampu yang menyala sejak tiga tahun lalu.

Ia menambahkan kalau pubertas yang dialami Tong Tong terjadi karena sekresi melatoninnya ditekan oleh paparan cahaya.

Penurunan melatonin dalam tubuh Tong Tong itulah yang mempercepat proses pematangan seksual dan menyebabkan anak perempuan ini mengalami pubertas dini.

Sebab, berdasarkan penelitian, sebuah paparan cahaya dapat menghambat produksi melatonin, terutama saat malam hari yang menjadi puncak kinerjanya.

Apa Reaksi Kamu?