(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Selama Asian Games 2018, APP Siapkan Personelnya untuk Cegah Kebakaran Hutan

Rusmanto
Rusmanto

Selama Asian Games 2018, APP Siapkan Personelnya untuk Cegah Kebakaran Hutan ilustrasi

WinNetNews.com - Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan hingga munculnya ancaman asap selama Asian Games 2018 digelar di Palembang, Sumatera Selatan. Oleh karena itu, TNI, Polri, dan seluruh pihak melakukan upaya pencegahan agar gelaran pesta olahraga terbesar di Asia ini bisa berjalan aman dan nyaman.

"Kita berusaha semaksimal mungkin supaya tidak terjadi kebakaran dan menimbulkan asap. Jika ada potensi akan kita tangani," ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam Apel Komando Operasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (3/8/2018). 

Hadi mengungkapkan, agar perhelatan internasional ini berjalan aman, harus dilakukan berbagai upaya. Pertama memanfaatkan konsep pembasahan gambut dari udara, lalu memonitor gambut agar kondisinya tetap basah, dan memantau 55 desa yang berpotensi terjadi kebakaran.

Untuk mendukung upaya tersebut, Asia Pulp Paper (APP) Sinar Mas turut menyiagakan 810 personel yang dibantu 538 masyarakat peduli api dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

"Karena hutan tanaman industri (HTI) bagi Sinar Mas adalah bahan baku. Ini (HTI) adalah bahan yang akan dipakai untuk menjadi kertas sehingga kalau sampai terbakar kita akan kehilangan devisa negara dan ujung-ujungnya rugi. Oleh sebab itu, tentu saja Sinar Mas akan menjaga semaksimal mungkin HTI yang ada," kata Managing Director Sinar Mas G. Sulistiyanto

Bahkan APP Sinar Mas turut melakukan pemadaman di 34 titik di Sumsel, sebagai bentuk keterlibatannya dalam mendukung kesuksesan Asian Games 2018. Agar langkah pencegahan serta penanggulangan karhutla semakin cepat dan tepat, APP Sinar Mas memanfaatkan command center dengan pusat data berbasis Geospatial Information System di Jakarta yang terhubung dengan situation room di seluruh satuan kerja di lapangan. 

Di situation room itu, jumlah sebaran titik api, kondisi cuaca, konsesi beserta status pos dan menara pengamatan di lapangan bisa diketahui secara real time. Di samping itu, APP Sinar Mas juga menyiapkan empat helikopter, satu di Musi Banyuasin dan tiga lainnya di Ogan Komering Ilir. Helikopter Super Puma yang disiapkan APP Sinar Mas memiliki kapasitas 4.000 liter per sekali siram.

Kapolri Jendral Tito Karnavian juga berjanji akan menindak tegas siapa pun yang melakukan pembakaran hutan selama Asian Games berlangsung. Dia mengatakan,Asian Games bukan urusan hanya pemerintah dan pemda tapi juga menjadi urusan bangsa.

"Siapa pun yang melakukan pembakaran tangkap, proses ikuti aturanhukum yang berlaku," kata Tito.

Semua komponen bangsa harus bersatu tanpa melihat siapa pun juga. Tito berharap semua pihak ikut mensukseskan ajang Asian Games. (detikcom)

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});