Selama Bulan April 2019, Tarif MRT Jakarta Diskon 50 Persen

Rusmanto
Rusmanto

Selama Bulan April 2019, Tarif MRT Jakarta Diskon 50 Persen istimewa

Winnetnews.com -  Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta direncanakan beroperasi secara komersil pada Senin, 01 April 2019. Rencananya selama sebulan pertama berbayar ini penumpang akan mendapatkan potongan sebesar 50 persen dari tarif yang telah ditentukan selama April 2019.

"Gubernur Provinsi DKI Jakarta telah menyetujui usulan PT MRT Jakarta untuk memberikan diskon sebesar 50 persrn selama bulan April 2019," kata Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/3).

Untuk besaran tarif MRT Jakarta, Kamaluddin menyebut berdasarkan yang telah disepakati oleh Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta.

Besaraan itu juga telah dituangkan dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Mass Rapid Transit dan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit.

Kamaluddin menyebut pemberian diskon tersebut memiliki beberapa tujuan, antara lain yakni untuk mendorong masyarakat untuk menggunakan MRT Jakarta.

"Agar sosialisasi mengenai penggunaan MRT Jakarta dapat dilakukan secara lebih luas dan lebih dipahami oleh masyarakat," ucapnya.

Semantara itu, dia mengatakan untuk waktu operasinalnya mulai pukul 05.30 WIB dan untuk pemberangkatan kereta pertama dari Stasiun Lebak Bulus.

"Untuk kereta terakhir pemberangkatan Stasiun Bundaran HI menuju Lebak Bulus pukul 22.01 WIB," jelasnya.
 

Tarif Bersifat Deposit

Kamaluddin menambahkan, untuk harga kartu MRT Jakarta single trip sebesar Rp 15 ribu. Dia menyebut tarif tersebut dikenakan dari setiap stasiun keberangkatan.

"Dengan harga Rp 15 ribu diluar tarif yang dikenakan untuk perjalanan dari stasiun pemberangkatan ke stasiun tujuan," paparnya.

Tarif Rp 15 ribu tersebut bersifat deposit. Sehingga nantinya dapat di-refund atau dikembalikan ke penumpang bila telah sampai di stasiun tyjuan.

Dia menyebut untuk mendapatkan kartu single trip tersebut penumpang harus membeli di mesin tiket otomatis ataupun di loket yang telah disediakan.

"Jika penumpang mengembalikan kartu tersebut harus ke loket tiket di stasiun MRT Jakarta selama periode masa berlaku kartu atau tujuh hari," ucapnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta telah menyepakati tarif MRT Jakarta berdasarkan jarak antar stasiun mulai Rp 3 ribu dan maksimal Rp 14 ribu, pada Selasa, 26 Maret 2019.

Kesepakatan itupun dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi di gedung DPRD DKI Jakarta.

Padahal, sehari sebelumnya saat Rapimgab dewan sepakat nilai tarif kereta MRT Jakarta itu Rp 8.500 dari Stasiun Bundaran HI-Lebak Bulus.

Berikut rincian bila perjalanan dari Lebak Bulus ke Bundaran HI:

  • Lebak Bulus-Fatmawati: Rp 4 ribu
  • Lebak Bulus-Cipete Raya: Rp 5 ribu
  • Lebak Bulus-Haji Nawi: Rp 6 ribu
  • Lebak Bulus-Blok A: Rp 7 ribu
  • Lebak Bulus-Blok M: Rp 8 ribu
  • Lebak Bulus-ASEAN: Rp 9 ribu
  • Lebak Bulus-Senayan: Rp 10 ribu
  • Lebak Bulus-Istora: Rp 11 ribu
  • Lebak Bulus-Bendungan Hilir: Rp 12 ribu
  • Lebak Bulus-Setiabudi: Rp 13 ribu
  • Lebak Bulus-Dukuh Atas: Rp 14 ribu
  • Lebak Bulus-Bundaran HI: Rp 14 ribu

 

 

 

Artikel ini telah tayang di www.merdeka.com dengan judul "Tarif MRT Diskon 50 Persen Selama April 2019"

Apa Reaksi Kamu?