Selamat Hari Kopi Internasional

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Selamat Hari Kopi Internasional

 

Wingamers.com - Indonesia saat ini termasuk negara penghasil kopi terbesar di dunia, dilansir dari CNN Indonesia. Indonesia berada di peringkat lima. Peringkat pertama diduduki oleh Brasil, kemudian Vietnam, Kolombia dan Jerman.

Untuk pertamakalinya, hari ini, 1 Oktober 2015, dunia merayakan Hari Kopi Internasional. Indonesia adalah salah satu dari 75 negara anggota International Coffee Organization, organisasi penggagas Hari Kopi Internasional. Dalam kesempatan ini, di Paviliun Indonesia, Expo Milan, Anda dapat mengicip berbagai kopi khas Indonesia. Ekspor kopi memang digenjot untuk meningkatkan pemasukan bangsa.

Padahal dulu kopi dimakan bukan diminum oleh orang Afrika. Pada abad 17 kopi dilabeli minuman setan di Italia sehingga sempat dilarang. Lalu negara mana peminum kopi terbanyak? Walaupun Finlandia tidak memproduksi kopi, warganya adalah peminum kopi terbanyak di dunia. Rata-rata per orang minum 2,64 gelas per hari. Orang Finlandia mengonsumsi kopi setiap hari dalam berbagai kesempatan.

Bagaimana dengan kopi instan? Kopi instan pertama kali muncul di Inggris pada 1771. 139 tahun kemudian, akhirnya diproduksi secara massal, dijual dan dipatenkan di Amerika pada 1910. Kala itu kopi instan ini disebut Red E Coffee. Diproduksi oleh orang Amerika keturunan Belgia, George Constant Louis Washington. Nescafe adalah kopi instan pertama yang sukses di pasar.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});