Selamat! Ketua Terpilih KPK Resmi Berpangkat Jendral Bintang Tiga

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Selamat! Ketua Terpilih KPK Resmi Berpangkat Jendral Bintang Tiga Irjen Firli Bahuri (foto: Kumparan)

Winnetnews.com - Kapolri Jenderal Idham Azis memimpin upacara serah terima jabatan rotasi posisi pejabat tinggi Polri. Acara tersebut dilaksanakan di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Selasa (19/11) pagi ini. Sertijab tersebut tertuang dalam surat telegram nomor ST/3020/XI/KEP/2019 yang diterbit pada Jumat (08/11) lalu.

Beberapa pisisi yang mengalami rotasi yaitu Kabaharkam Polri. Jabatan sebelumnya dijabat oleh Komjen Condro Kirono dan sekarang dipegang oleh Irjen Firli Bahrui yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan. Komjen Condro Kirnono dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Kapolri pimpin sertijab sejumlah perwira tinggi (foto: Kompas)

"Demi Allah saya bersumpah akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indomesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta akan menjalankan sehala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya, dan penuh dengan rasa tanggung jawab," bunyi sumpah Irjen Firli, seperti dikutip dari Okezone, Selasa (19/11).

Dengan begitu, Firli yang juga menjabat sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), resmi memiliki pangkat jenderal bintang tiga atau komjen.

Untuk menggantikan posisi Kapolda Sumatera Selatan, Idham Azis menunjuk Irjen Priyo Widyanto. Jabatan yang ditanggalkan Priyo yakni Kapolda Kalimantan Timur. Posisi Priyo akan digantikan oleh Irjen Muktiono.

Kemudian, Irkejn Refdi Andir yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorlantas Polri, kini diangkat menjadi Koorsahli Kapolri. Sedangkan jabatan yang ditinggalkan Refdi akan diisi oleh Brigjen Listiono.

Apa Reaksi Kamu?