Skip to main content

Selandia Baru Berusaha Memperkirakan Kerusakan Akibat Gempa

Foto: warga wellington dievakuasi di sebuah taman  source:bbc.com
Foto: warga wellington dievakuasi di sebuah taman source:bbc.com

WinNetNews.com-Pihak otoritas di Selandia Baru berupaya memperkirakan kerusakan akibat gempa kuat yang melanda negara tersebut.

Gempa dengan magnitudo 7,8 mengguncang Pulau Selatan hari dini Senin (14/11/2016) waktu setempat, seperti dilansir dari NHK Indonesia. Gempa ini menyebabkan setidaknya dua orang meninggal.

Sekitar 40 menit usai gempa, gelombang tsunami hingga 1,5 meter terlihat di sepanjang kota pesisir Kaikoura, sekitar 60 kilometer dari pusat gempa.

Rekaman dari gambar udara memperlihatkan kerusakan gedung-gedung yang tersebar di seluruh kawasan tersebut. Para pejabat manajemen bencana menyampaikan mereka hanya memiliki sedikit informasi karena jalan utama menuju Kaikoura terputus. Sambungan telepon pun terganggu.

Perdana Menteri John Key menginspeksi kawasan terlanda dengan helikopter. Ia menyatakan prioritas utama yaitu dengan memastikan pengiriman air bersih, makanan dan kebutuhan pokok lainnya kepada para warga kota.

Ia menambahkan pengiriman pasokan lewat udara jadi satu-satunya pilihan sebab jalanan tak dapat dilalui. Pemerintah Selandia baru mengirim helikopter militer dan kapal-kapal untuk operasi penyelamatan dan pencarian juga untuk mengirimkan bantuan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top