Semakin Barbar, Demonstran di Hong Kong Merengek kepada Trump Minta Bantuan

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Semakin Barbar, Demonstran di Hong Kong Merengek kepada Trump Minta Bantuan Protes di Hong Kong (sumber: South China Morning Post)

Winnetnews.com - Ribuan demonstran di Hong Kong baru-baru ini meminta bantuan Presiden Trump untuk memberikan demokrasi untuk Hong Kong. Protes ini dilakukan oleh demonstran di depan Konsulat Amerika Serikat di Hong Kong pada Minggu (08/09).

Demonstrasi berjalan ricuh, petugas keamanan Hong Kong sampai harus menyemprotkan gas air mata. Tidak hanya anarkis, para demonstran juga melakukan vandalisasi di stasiun subway, membakar beberapa fasilitas pemerintah, dan menghalangi jalan raya.

Para demonstran ini memenuhi sebuah taman di sentral Hong Kong sembari berteriak lantang, “Halangi Beijing, Bebaskan Hong Kong!”

Terdengar juga beberapa kalimat lain dilontarkan, “Berdiri bersama Hong Kong, untuk memperjuangkan kebebasan!”

Tidak hanya berteriak, para demonstran juga membawa bendera Amerika Serikat dan beberapa poster yang bertuliskan “Presiden Trump, tolong bantu Hong Kong untuk merdeka!”

“Hong Kong merupakan garis utama peperangan melawan totalitarian rezim Cina. Tolong bantu kami untuk berjuang,” ungkap salah satu demonstran, Panzer Chan, seperti dikutip dari ABC News, Senin (09/09).

Melalui keterangan U.S State Department pada Jumat (06/09), Amerika Serikat menyatakan bahwa tuduhan Cina sebenarnya salah sasaran. Amerika Serikat merasa tidak memiliki kepentingan apapun dengan konisi politik yang memanas di Hong Kong.

Beberapa anggota legislator di Amerika Serikat bahkan menekan Presiden Trump untuk turun tangan dalam aksi demonstrasi di Hong Kong. Namun Trump terlihat enggan untuk ikut campur, mengatakan bahwa isu Hong Kong merupakan urusan pemerintah Cina.

Beberapa pakar politik internasional berasumsi bahwa pernyataan Trump tersebut dipaksakan karena Amerika Serikat tidak ingin ‘mengganggu’ Cina, terlebih saat ini kedua negara sedang dilanda perang tarif besar-besaran.

Apa Reaksi Kamu?