Sembarangan Pencet Klakson saat Berkendara Bisa denda 17,5 juta!
membunyikan klakson sembarangan bisa denda 17,5 juta / foto: istimewa

Sembarangan Pencet Klakson saat Berkendara Bisa denda 17,5 juta!

Senin, 31 Jul 2017 | 10:49 | kontributor

winnetnews.com - Membunyikan klakson rupanya tidak bisa sembarangan. Bunyi klakson bahkan bisa berpengaruh pada psikologis seseorang. Karena itu, sebuah negara bernama Irlandia, mengatur tentang kapan waktu diperbolehkannya membunyikan klakson.

Dilansir dari laman The Sun , Senin (31/7), survei yang dilakukan oleh Warranty Direct kepada 1.000 pengendara, hanya ditemukan ditemukan sekitar 38 persen pengendara yang mengetahui aturan penggunaan klakson yang baik.

Padahal aturan untuk membunyikan klakson ini tidak main-main. Sebab, jika pengemudi melanggar peraturan (sembarangan) membunyikan klakson, bisa dikenakan sanksi berupa denda sebesar 1.000 Poundsterling atau sekitar Rp 17,5 juta.

Peraturan tersebut menyebutkan kalau membunyikan klakson hanya diperbolehkan saat mobil akan berpindah jalur. Tujuannya agar kendara lain yang ada di dekat kendaraan yang akan berpindah jalur bisa berhati-hati.

Dengan begitu, pengendara lain menyadari bahwa ada kendaraan lain yang berada di dekatnya sehingga bisa lebih hati-hati. Jadi pengendara tidak bisa seenaknya saja untuk membunyikan klakson. Jika pengendara terlalu sering membunyikan klakson tanpa ada alasan yang jelas, maka pengendara bisa terkena sanksi.

Selain itu selama pukul 23.30 - 07.00 waktu setempat, pengendara juga dilarang untuk membunyikan klakson kendaraan. Jika peraturan ini juga diterapkan di Jakarta, apakah akan efektif membantu mengurangi stress saat berkendara di tengah kemacetan? Bagaimana menurut kamu?

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...