Skip to main content

Sementara Itu, Ada Kerusuhan di Amerika Gegara Ulah Lelaki Ini

Kerusuhan dalam aksi demonstrasi di VirginiaReuters
Kerusuhan dalam aksi demonstrasi di VirginiaReuters

WinNetNews.com - Insiden terjadi dalam aksi demonstrasi di Charlottesville, Virginia, Amerika Serikat. Dua kelompok yang berbeda bertemua sehingga menyebabkan kerusuhan.

Kelompok pertama adalah pihak ultra-nasionalis Amerika yang dikenal fasis sehingga sangat rasis. Mereka terdiri dari Klu Klux Klan dan Neo-Nazi. Kelompok kedua merupakan kubu penentangnya.

Aksi demonstrasi itu disebabkan oleh rencana pemerintah setempat menurunkan patung Robert E Lee yang merupakan bagian dari Pasukan Konfederasi saat perang sipil di Amerika. Patung yang kemudian menjadi dasar kerusuhan itu terletak di universitas yang terletak di pusat kota Virginia.

Selain teriakan yang saling bersahutan, kerusuhan itu dipicu saat salah satu demonstran dari kelompok ultra-nasionalis yang memprovokasi kelompok kontra. Di tengah keriuhan demonstrasi itu, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (13/08/2017), demonstran itu memberi salute atau tanda penghormatan dengan gaya tentara Nazi.

Segera saja aksi demonstran itu mendapat penolakan. Bahkan ia kemudian tertangkap kamera tengah dihakimi atas aksinya yang tak patut itu.

image0

Demonstrasi terjadi sejak Sabtu (12/08/2017). Kelompok ultra-nasionalis bahkan tercatat telah menabrakkan kendaraan ke demonstran sehingga menyebabkan satu orang tewas dan 19 orang lainnya terluka.

Aparat setempat segera menangkap demonstran yang melakukan provokasi itu. Pelaku penabrak juga telah tertangkap. Hingga saat ini, negara bagian Virginia masih dalam suasana yang panas paska peristiwa ini.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top