Sempat Bikin Heboh Dikira Kaki Zombie, Ternyata Ini Faktanya
Foto: Odditycentral

Sempat Bikin Heboh Dikira Kaki Zombie, Ternyata Ini Faktanya

Selasa, 30 Jun 2020 | 10:01 | Nurul Faradila
Winnetnews.com -  Media sosial belum lama ini dibuat heboh oleh sebuah foto yang terlihat seperti kaki zombie. Foto tersebut memperlihatkan sebuah jari-jari kaki yang muncul di antara celah sebuah batang pohon.

Foto ini pun sukses membuat para warganet kebingungan dengan apa yang mereka lihat. Mengutip Odditycentral, foto ini pertama kali diunggah oleh Petugas Dinas Kehutanan India Susanta Nanda dan tidak ia ambil dari adegan sebuah film horor.

Foto yang sempat dikira kaki zombie itu pun, nyatanya bukan sebuah kaki sungguhan. Nanda sebenarnya mengunggah foto tersebut dengan tujuan agar pengikutnya di media sosial untuk mengidentifikasi binatang tersebut.

Nyatanya, “kaki” yang keluar dari batang pohon tersebut bukan kaki binatang apalagi zombie, melainkan sebuah jamur yang bernama Dead Man’s Fingers.

Jamur Dead Man’s Finger (jari orang mati) atau yang mempunyai nama ilmiah Xylaria polymorpha adalah jamur yang berwarna abu-abu sehingga terlihat seperti jari orang mati sungguhan.

Umumnya, jamur Dead Man’s Finger ditemukan di daerah hutan. Jamur yang tampak menakutkan ini tumbuh dari dasar akar pohon yang membusuk dan kayu yang rusak dan keluar dari tanah, seperti jari-jari manusia. Meskipun penampilannya menakutkan, namun jamur ini sama sekali tidak berbahaya bagi manusia.

Jamur Dead Man's Finger
Foto: Facebook/Sergey Makeev

Xylaria polymorpha yang berasal dari daerah Nepal, Bhutan dan India Timur Laut, juga dapat ditemukan di wilayah Amerika Serikat, termasuk Pegunungan Rocky. Menariknya warna jamur ini bervariasi, mulai dari putih ke biru maupun sepenuhnya berwarna hitam.

Ujung jamur tersebut awalnya berwarna putih, kemudian berubah menjadi biru pucat saat tumbuh, dan akhirnya berubah menjadi hitam sebelum mengering. Meskipun tidak secara teknis jamur ini bisa dimakan, namun nyatanya Dead Man’s Finger biru kerap kali dimasak dan dimakan di beberapa daerah di China.

Akan tetapi, saat jamur ini mengeras dan berwarna hitam, biasanya mereka hanya akan dijadikan sebagai hiasan. Jamur ini juga sering dijadikan sebagai bahan pembuatan biola, untuk meningkatkan sifat akustik dari kayu yang digunakan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...