Sempat Dianggap Tak Peduli Kematian Sulli, Krystal f(x) Ternyata Sudah di Rumah Duka Selama 3 Hari

Nisa Diniah
Nisa Diniah

Sempat Dianggap Tak Peduli Kematian Sulli, Krystal f(x) Ternyata Sudah di Rumah Duka Selama 3 Hari Foto: Pinterest

Winnetnews.com - Krystal f(x) tengah dalam suasana duka yang dalam setelah ditinggal oleh Sulli. Sejak Sulli dikabarkan meninggal dunia pada 14 Oktober lalu, Krystal hingga kini masih belum menulis pesan belasungkawa untuk Sulli di akun sosial media. Hal itu sempat membuat Krystal mendapat banyak kritik dari netizen, yang menudingnya tidak peduli terhadap kematian Sulli.

Seperti yang diketahui, pemakaman Sulli telah dilangsungkan pada hari Kamis (17/10) dihadiri keluarga dan teman-teman, termasuk para member f(x) yang masih menjalin hubungan baik dengannya. Amber dan Victoria menghentikan semua aktivitas mereka dan langsung berangkat ke Korea dari Amerika Serikat dan China demi menghadiri pemakaman. Sementara Luna langsung membatalkan jadwal drama musikalnya bertajuk "Mamma Mia" untuk menghadiri pemakaman Sulli.

Meski sempat dihujat netizen, seorang narasumber dari industri hiburan Korea Selatan kemudian membeberkan kalau Krystal sebenarnya sudah berada di rumah duka Sulli selama 3 hari terakhir sejak Sulli pertama kali ditemukan meninggal di rumahnya.

Menurut budaya Korea, keluarga dan teman-teman berkabung di rumah duka sebelum jenazah dimakamkan dan Krystal ikut membantu keluarga Sulli menjalani seluruh prosesnya. Seperti yang diungkapkan oleh seorang narasumber melalui media Hankook Kyungjae, “Setelah mendengar kabar Sulli meninggal dunia, Krystal sudah menghabiskan seluruh waktunya di rumah duka selama 3 hari, dan dia terlibat dalam semua persiapan prosesi pemakaman.”

Hal ini menuai perhatian dari netizen Korea. Mereka justru mengkritik netizen lain yang menghujat Krystal hanya karena dia tidak memposting ungkapan belasungkawa untuk Sulli di media sosialnya. Netizen justru meminta agar orang-orang bisa memahami kondisi Krystal yang kini tengah dalam suasana duka. Berikut ini beberapa komentar netizen di situs Nate dan Naver:

"Aku tidak tahu dengan kepribadian Krystal tapi mungkin dia bukan tipe yang menulis postingan belasungkawa di instagram?? Mengapa orang-orang menuntut dia menulisnya? Aku juga tidak memposting hal itu di Instagram," kata seorang netter.

"Ah... Kalian semua sakit mental, tolong hentikan," ucap netter lainnya.

"Terkadang ketika kamu sangat sedih, kamu bahkan tidak memiliki kekuatan untuk menekan tombol di handphone. Sama seperti halnya sebagian besar anggota keluarga lainnya yang tidak akan memposting di Instagram ketika anggota keluarga meninggal," tambah netter lain.

"Dia sangat sedih, bisakah kalian para haters untuk tinggalkan Krystal dan biarkan dia menjauh dari SNS? Dunia ini terlalu terobsesi dengan SNS," tutur netter lain.

"Mungkin ini yang dinamakan teman sejati. Hal itu menunjukkan bahwa Krystal terlalu sedih untuk membuka Instagram dan menulis sesuatu. Dia berada di rumah duka selama tiga hari dan berbagi kesedihannya dengan orang-orang yang hadir. Itu adalah teman sejati. Teman terdekat Sulli, IU dan Taeyeon juga belum memposting apapun di Instagram, mereka semua terlalu sibuk untuk sedih," sambung netter lain.

"Krystal berada di rumah duka Jonghyun SHINee selama tiga hari penuh dan berada disampingnya sampai dia dikuburkan. Sama untuk Sulli ... Kadang-kadang kalian tidak harus secara lahiriah menunjukkan kesedihan untuk bisa merasakannya," seru netter lain. 

"Dia berada di pemakaman, terluka, dalam keadaan hancur. Apa yang akan dia posting? Krystal berada di rumah duka seperti keluarga. Jangan membencinya tanpa tahu apa-apa, tsk tsk," bela netter lain.

Apa Reaksi Kamu?