(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Semua Uang Elektronik dari Berbagai Bank Akan Bisa Digunakan untuk Bayar Tol

Rusmanto
Rusmanto

Semua Uang Elektronik dari Berbagai Bank Akan Bisa Digunakan untuk Bayar Tol ilustrasi

WinNetNews.com - Pemerintah saat ini tengah mendorong penggunaan transaksi non tunai atau elektronik di jalan tol. Dengan demikian, nantinya pembayaran tol secara tunai sudah tidak bisa dilakukan.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk selaku operator jalan tol mengungkapkan, untuk mempermudah penerapan tersebut, saat ini uang elektronik atau e-money dari berbagai bank bisa digunakan. e-Money yang bisa digunakan ialah semua bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan satu bank swasta.

"Terkait dengan produk perbankan yang bisa digunakan itu Himbara. Beberapa ruas juga ada BCA, itu bertahap nanti," kata AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru, Rabu (30/8/2017).

Heru menjelaskan, nantinya semua e-money dari berbagai perbankan dapat digunakan. Namun penerapannya akan dilakukan secara bertahap. Dirinya juga mengatakan, di akhir tahun 2017 ini bakal ada tiga tambahan bank yang akan bergabung. Walau demikian dirinya belum dapat merinci bank apa yang akan bergabung tersebut.

"Pada dasarnya secara bertahap nanti elektronik ini multi bank, semua bisa. Tapi kita awali dengan Himbara plus BCA. Di akhir tahun ini mungkin akan ada tambahan 3 bank yang akan bergabung. Tapi nanti semua bank juga bisa," terangnya.

Seperti diketahui, pada tanggal 31 Oktober 2017 mendatang seluruh gerbang tol di Indonesia hanya akan menerima transaksi elektronik atau menggunakan e-money. Selain untuk mengurangi antrean, pelayanan transaksi elektronik di semua gerbang tol juga untuk meningkatkan cashless society. (detikcom)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});