Sengitnya Persaingan Tahun 2019, Netizen Perdebatkan Grup K-Pop Mana yang Akan Raih 'Rookie of The Year'
Foto: Pinterest

Sengitnya Persaingan Tahun 2019, Netizen Perdebatkan Grup K-Pop Mana yang Akan Raih 'Rookie of The Year'

Kamis, 24 Okt 2019 | 18:00 | Nisa Diniah

Winnetnews.com - Tak bisa dipungkiri bahwa 2019 adalah tahunnya grup K-Pop Rookies dengan banyaknya artis solo maupun grup baru yang bermunculan. Para pendatang baru di tahun ini semuanya mengesankan dengan konsep yang diusung serta berasal dari program survival terkenal dan juga agensi-agensi besar.

Rasanya tidak sulit untuk memprediksi bahwa tahun ini akan menjadi persaingan yang ketat untuk mendapatkan penghargaan Rookie Awards atau Rookie of the Year (ROTY) karena beberapa penyanyi dan grup K-Pop rookie telah meraih pencapaian yang mengesankan hanya dalam beberapa bulan belakangan.

Ada begitu banyak nama grup K-Pop yang debut di tahun 2019. Mulai dari Oneus dan VeryVery yang debut di awal Januari hingga SuperM di bulan Oktober. Beberapa nama calon kandidat terkuat pun muncul di tengah-tengah persaingan. 

Sebuah postingan di situs Pann Enter-Talk ramai dibanjiri netizen yang membahas grup K-Pop mana yang akan meraih Rookie of the Year. ITZY disebut-sebut menjadi grup yang tidak tertandingi untuk nominasi girl group tetapi ada beberapa grup lain seperti Everglow yang dapat memenangkan penghargaan tersebut. Untuk boy group, persaingan justru sangat sengit karena ada nama-nama grup rookie populer seperti TXT, CIX, AB6IX dan X1.

image0

"Sejujurnya, bukankah TXT cukup baik? Senior mereka hanyalah fondasi, mereka bersaing dengan Produce X 101. BigHit Entertainment telah melarang semua penggemar sehingga mereka berada dalam situasi di mana semuanya melawan mereka. Tapi mereka menjual 50 ribu album hanya dalam satu hari," kata seorang netter.

"Untuk girl group maka itu adalah ITZY," tutur netter lain.

"Aku rasa ITZY tak akan punya pesaing yang berarti, boygroup-lah yang bersaing ketat tahun ini," ucap netter lain.

"Sejujurnya, jika X1 tidak mendapatkannya, penghargaan itu akan diraih AB6IX," seru netter lain.

"TXT memulai debutnya dari dorongan efek BTS. Penjualan mereka sudah menurun dan kurasa akan sulit bagi mereka untuk meraih ROTY," sahut netter lain.

"Mengapa orang-orang di sini akan marah jika TXT tidak memenangkan ROTY ?? Mengapa kalian begitu memaksakan pendapatmu sendiri?" tambah netter lain.

"Hasil penjualan X1 tidak dimanipulasi, hasil ini dibuat oleh penggemar mereka sendiri jadi mengapa kalian akan marah jika mereka memenangkan ROTY? Data penjualan fisik mereka telah mencapai 600K dan digital mereka di puncak selama 2 bulan," sambung netter lain.

"Hah?... Bukankah X1 jelas akan memenangkannya untuk boy group? Jika mereka memasukkan penyanyi solo, maka kandidatnya akan ada persaingan antara Kang Daniel dan X1, kan?," ujar netter lain.

"Jika X1 atau Kang Daniel tidak memenangkannya, penghargaan itu akan diberikan pada AB6IX," komentar netter lain.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...