(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Seniman Ini Membuat Batu Bata Dari Polusi

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Seniman Ini Membuat Batu Bata Dari Polusi
WinNetNews.com - Polusi bisa menjadi batu-bata. Seperti dilansir Mashable, seorang seniman China menciptakan batu bata dari asap Beijing yang dikumpulkan menggunakan vacum cleaner. Ia membutuhkan waktu sekitar seratus hari berjalan-jalan mengelilingi kota untuk mengumpulkan asap yang menyelimuti Beijing akhir-akhir ini.

Konon katanya, sebagian asap itu disebabkan oleh batu bara yang digunakan untuk memanaskan rumah.  Seniman ini dulunya pernah menjadi copywriter di Shenzhen, tapi tidak betah dan memutuskan pindah ke Beijing pada 2008 lalu. Sebelum proyek ini, sang seniman pernah membeli seekor anjing mati dari Yulin—kota dengan festival tahunan menyembelih anjing—dan mengkremasinya.

Artis yang menyebut dirinya Nut Brother menghabiskan waktu sekitar empat jam sehari. Ia mendorong vacum cleaner seberat seribu watt, sementara tangan kanannya mengacungkan mulut vacum ke udara—untuk menyedot asap.

Setelah terkumpul banyak, asap yang sudah dicampur debu disulap menjadi batu bata berwarna perak.

Bagaimana dengan kesehatannya? Seniman ini mengaku baik-baik saja. Memang ada beberapa bagian tubuhnya yang mati rasa, tapi ia tidak merinci bagian mana dari tubuhnya yang mati rasa itu.

Aksi ini mendapat komentar beragam dari pengguna media sosial di China. Salah seorang pengguna Webo, mengkritik proyek ini. Menyebutnya sebagai sebuah upaya mencari sensasi, dan terlalu melebih-lebihkan. Meski demikian, tak sedikit juga yang bersimpati dengan aksi ini, termasuk beberapa media lokal yang memuji pesan di balik proyek ini.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});