Sensasi Makan Pepes Jambal di Bendungan Walahar

Sensasi Makan Pepes Jambal di Bendungan Walahar

Selasa, 31 Mei 2016 | 17:20 | kontributor
WinNetNews.com - Banyak orang menyukai pepes. Makanan asal tanah pasundan ini dibungkus daun bisa berisi apa saja, mulai dari ikan, tahu, ayam, jamur yang disajikan dengan daun kemangi, kelapa dan rempah-rempah. Pepes adalah salah satu bagian dari kenikmatan kuliner nusantara.

Salah satu kuliner pepes yang wajib kamu kunjungi adalah Pepes Jambal Walahar Bp. H. Dirja. Pepes Jambal Walahar Bp. H. Dirja ini sangat terkenal di Karawang, Jawa Barat. Rumah makan yang terletak di pinggir bendungan Walahar ini banyak dikunjungi oleh penikmat kuliner dari berbagai daerah. Tak sedikit juga warga ibu kota yang mampir ke Rumah makan ini hanya untuk menikmati kelezatan pepes nya.

Kalau berkunjung ke sini jangan kaget ya bila di halaman parkirnya didominasi oleh sederet mobil dan motor berplat B asal Jakarta. Untuk bisa sampai ke rumah makan ini, kamu harus menyebrangi bendungan melewati jembatan kecil yang hanya bisa dilintasi oleh satu mobil. Jadi untuk melintasi jembatan ini kamu harus menunggu giliran. Gak usah takut, di sana sudah ada warga yang bertugas mengatur lalu lintas (tukang parkir) di atas jembatan, kamu cukup siapkan uang receh untuk deberikan kepadanya.

Saat kamu datang berkunjung ke Rumah makan ini, kamu akan disuguhkan dengan berbagai menu pepes yang ada di rumah makan ini. Pramusaji akan menyiapkannya di atas meja anda secara sederhana. Ada beragam pepes ikan, pepes tahu, wader, jamur pepes, ayam pepes, udang goreng (kriuk banget), tahu & tempe goreng, lalapan, sambal dan nasi. Nasi yang disajikan dibungkus oleh daun pisang. Aroma nasinya pun khas sehingga menambah selera makan. Meskipun kelihatannya sedikit, tapi makan satu bungkus nasi ini bisa bikin perut kenyang juga lho.

Meskipun sudah disajikan banyak di atas meja, tapi kamu tidak harus membayar dan menghabiskan semua menu itu kok. Kamu hanya membayar yang kamu makan saja. Makan bersama keluarga di rumah makan ini tentu sangat mengasyikan.

 

Tak ketinggalan, disini juga menyediakan gurame bakar dan ayam bakar. Tapi jika ingin makan gurame bakar atau ayam bakar, kamu harus memesan terlebih dahulu oleh pramusajinya. Karena mereka hanya menghidangkan sesuai permintaan pengunjung saja, jadi tidak seperti pepes selalu disajikan oleh pramusajinya.

Di belakang rumah makan utama ini juga ada saung-saung kecil. Kalau kamu bosan dengan suasana makan di atas kursi dan meja, kamu bisa makan lesehan di saungnya. Suasananya cukup tenang dan tentu lebih santai.

Kalau kamu ingin tahu bagaimana proses memasak pepes juga bisa melihat ke bagian dapurnya. Di sana ada banyak juru masak yang siap yang ramah-ramah. Bisa dibilang, makan di sini gak berasa makan di rumah makan. Suasana rumahan banget dan masaknya dengan cara tradisional (menggunakan tungku tradisional dan kayu bakar). Pokoknya beda banget sama suasana rumah makan di Jakarta. Suasana seperti ini pun jarang ditemui dan jadi salah satu keunikan dari rumah makan ini.

Penasaran dengan Pepes Jambal Walahar? Kalau berkunjung ke Karawang jangan lupa sempatkan mampir ke rumah makan ini ya!

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...