Seorang Guru Les Ditangkap Terkait Kerusuhan Tanjungbalai

Seorang Guru Les Ditangkap Terkait Kerusuhan Tanjungbalai

Jumat, 5 Agt 2016 | 10:39 | Zaenal Arifin
 Jakarta, Winnetnews.com - Penyidik Subdirektorat Cyber Crime Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri menangkap tersangka FAB (30), guru les bahasa Inggris, terkait dengan kasus kerusuhan berlatar belakang suku, agama, ras, dan antargolongan di kota Tanjungbalai, Sumatera Utara.

"FAB ditangkap karena tulisan pada wall (dinding) Facebook-nya yang bermuatan kebencian kepada kelompok masyarakat tertentu. Tulisan tersebut juga berisi ajakan provokatif," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Polisi Agung Setya di Mabes Polri, Jakarta, JUmat (5/8/2016).

Menurut dia, tersangka FAB ditangkap pada hari Rabu (3/8/2016) di kantornya yang berlokasi di Rangkas Bitung, Banten. Dalam penangkapan tersebut, penyidik juga menyita satu unit HP dan memblokir akun Facebook milik tersangka.

Atas perbuatannya, FAB dijerat dengan Pasal 16 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan/atau Pasal 45 (2) juncto Pasal 28 (2) UU No. 11/2008 tentang ITE.

Sebelumnya, terjadi kerusuhan di Tanjungbalai pada hari Jumat (29/7/2016) yang diawali protes seorang warga etnis China atas penggunaan pengeras suara dalam pengumandangan adzan.

Peristiwa itu melebar menjadi kerusuhan yang menyebabkan sejumlah rumah ibadah dirusak warga.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...