Skip to main content

Seorang WNI Ditangkap Atas Tuduhan Terorisme di Arab Saudi

Seorang WNI Ditangkap Atas Tuduhan Terorisme di Arab Saudi
Seorang WNI Ditangkap Atas Tuduhan Terorisme di Arab Saudi

WinNetNews.com - Puluhan orang ditangkap otoritas Arab Saudi dalam sepekan terakhir ini. Di antara mereka yang ditangkap termasuk seorang warga negara Indonesia (WNI).

Surat kabar Saudi, Saudi Gazette seperti dilansir RT.com, Senin (1/2/2016) melaporkan, 33 orang termasuk 1 WNI ditangkap atas tuduhan terorisme. Tidak disebutkan identitas WNI tersebut. Juga tak ada keterangan lebih rinci mengenai tuduhan terorisme yang dijeratkan padanya.

Namun penangkapan tersebut dilakukan menyusul serangkaian serangan teror terhadap target-target Syiah, yang telah menewaskan sekitar 50 orang dalam setahun terakhir. Kelompok radikal ISIS telah mengklaim serangan-serangan tersebut.

Di antara ke-33 orang yang ditangkap tersebut termasuk 14 warga Saudi, 9 warga Amerika Serikat, tiga warga Yaman, dua warga Suriah, seorang warga Filipina, seorang WNI, seorang warga Kazakhstan, seorang warga Palestina, dan seorang warga Uni Emirat Arab.

Pemerintah Saudi secara resmi menyatakan ISIS sebagai organisasi teroris pada tahun 2014. Pada Juli 2015 lalu, otoritas Saudi mengumumkan penangkapan 431 tersangka anggota ISIS.

Kelompok ISIS merespons penangkapan tersebut dengan melancarkan serangkaian aksi teror, yang kebanyakan dilakukan oleh para pengebom bunuh diri. Serangan bom terbaru terjadi pada Jumat, 29 Januari lalu, ketika pengeboman dan penembakan terjadi di masjid Syiah di distrik al-Ahsa, Provinsi Timur. Empat orang tewas dan 18 lainnya luka-luka dalam serangan itu.

disadur dari situs detik news

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top