Sepatu Datar Baik Bagi Wanita

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Sepatu Datar Baik Bagi Wanita

 

Wingamers.com - Sepatu hak tinggi memang enak dipandang. Namun memakai sepatu datar sebenarnya secara kesehatan lebih baik daripada memakai sepatu hak tinggi. Lalu apa bahayanya memakai sepatu hak tinggi?

1. Keseimbangan tubuh lebih baik

Sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan terhadap para pramugari maskapai penerbangan Korea Selatan yang rutin mengenakan sepatu rumit tinggi selama beberapa tahun menemukan bahwa sepatu tersebut meningkatkan ketidakseimbangan antara otot di sekitar pergelangan kaki dan di bagian depan dan belakang. Akhirnya, tubuh pun menjadi tak seimbang.

2. Langkah berjalan jadi pendek

Sepatu tumit tinggi memang membuat kaki terlihat lebih panjang, namun kaki Anda akan sesungguhnya lebih panjang apabila tidak mengenakan sepatu tersebut. Sebuah studi dihelat tahun 2012 yang dipublikasikan pada The Journal of Applied Psychology menemukan bahwa mereka yang terbiasa mengenakan sepatu tumit tinggi cenderung memiliki langkah yang pendek dan otot betis yang lebih pendek pula.

Alasannya, apabila Anda terbiasa berjalan dengan kaki yang bertumpu pada satu titik saja, maka tumit akan jarang merenggang ke ukuran alaminya. Para peneliti menyatakan, mengenakan sepatu datar yang menopang kaki dengan baik akan membantu otot betis untuk kembali ke kondisi alamiahnya.

3. Merusak punggung

Percaya atau tidak, sepatu tumit tinggi memang membuat bokong terlihat menakjubkan. Namun, kata Todd Sinett, seorang chiropractor asal New York, Amerika Serikat, sepatu tumit tinggi malah memiringkan pinggul Anda dan memaksa bokong dan punggung menjadi tertekan.

Beberapa wanita pun dapat mengalami spondylolisthesis yang mengakibatkan kerusakan saraf pada tulang punggung.

4. Tumit dan pergelangan kaki sakit

Mengenakan sepatu tumit tinggi tidak hanya memendekkan otot betis, tapi juga memendekkan pergelangan kaki. Sepatu tumit tinggi pun dapat menyebabkan nyeri pada pergelangan kaki karena terjadi peradangan pada otot di antara tumit hingga jari kaki.

Apabila Anda mulai mengurangi frekuensi mengenakan sepatu tumit tinggi, maka pergelangan kaki akan kembali ke panjang normalnya. Selain itu, nyeri pada tumit pun akan berkurang.

Sepatu datar akan mengembalikan kesehatan kaki dan punggung wanita.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});