Sepekan ke Depan Warga Jakarta Alami Hawa Panas
Warga Jakarta bersiap hadapi hawa panas selama sepekan ke depan. [Foto: Koran Jakarta]

Sepekan ke Depan Warga Jakarta Alami Hawa Panas

Selasa, 22 Okt 2019 | 14:23 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Bagi kamu yang tinggal di sekitaran Jakarta, mungkin saat ini tengah mengalami hawa panas di siang hari disertai angin kencang. Kejadian ini berlangsung sejak Senin (21/10) hingga sepekan ke depan.

Hal itu diungkapkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang mencatat suhu udara di Jakarta mencapai 36,5 derajat Celcius.

“Selasa (22/10) mencapai 35 derajat Celcius,” ungkap BMKG seperti dilansir Kompas.com.

Pihak BMKG menambahkan, hawa panas bakal mendominasi wilayah selatan khatulistiwa. Deretan Pulau Jawa hingga Nusa Tenggara akan mengalami hawa panas ini. Suhu panas itu terjadi karena gerak semu matahari.

image0
Foto: MSN.com

"Kondisi ini menyebabkan radiasi matahari yang diterima oleh permukaan bumi di wilayah tersebut relatif menjadi lebih banyak, sehingga akan meningkatkan suhu udara pada siang hari," kata Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin dalam keterangan tertulisnya.

"Dalam dua hari terakhir, atmosfer di wilayah Indonesia bagian selatan relatif kering sehingga sangat menghambat pertumbuhan awan yang bisa berfungsi menghalangi panas terik matahari," tambah Miming.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...