Seperti Apakah Bentuk Sperma yang Sehat?
ilustrasi

Seperti Apakah Bentuk Sperma yang Sehat?

Sabtu, 22 Feb 2020 | 21:03 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Mungkin saja sebagian pria bertanya-tanya mengapa tekstur sperma mereka menggumpal seperti jelly atau agar-agar? Apakah ini menandakan sperma yang sehat atau justru sebaliknya? Terdapat beberapa indikator tertentu yang menunjukkan ciri sperma sehat. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Semen menggumpal seperti jelly, tanda sperma tidak subur?

Para pria bisa jadi memiliki kecemasan sendiri apabila saat ejakulasi, cairan sperma yang keluar terlihat menggumpal seperti jelly. Sebelum cemas berlebih, Anda perlu tahu bahwa cairan sperma memang memiliki karakter yang berbeda pada setiap orang.

Semen, cairan pembawa sperma, memiliki variasi yang berbeda dari segi ketebalan, rasa, aroma, termasuk teksturnya. Adapun pria yang memiliki semen lebih kental, sebagian lagi memiliki tekstur yang lebih cair.

Lantas, seperti apa ciri-ciri semen yang sehat?

  • berwarna putih keabu-abuan atau sedikit kuning
  • beraroma seperti klorin
  • bertekstur jelly dan berubah menjadi cair dalam waktu 30 menit
  • memiliki rasa yang sedikit manis

Tekstur semen akan berubah ketika Anda ejakulasi. Cairan semen yang sudah terpapar udara akan mendingin dan berubah menjadi lebih cair dalam beberapa menit.

Semen mengandung protein yang membantu sperma untuk melekat pada vagina, mencegah semen mencair secara cepat, serta meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan. Seiring bertambahnya usia, cairan semen yang keluar saat ejakulasi pun semakin menurun. 

Nah, dari pernyataan di atas, dapat disimpulkan bahwa sperma yang menggumpal dan berbentuk seperti jelly merupakan hal yang normal adanya. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...