Seperti Apakah Rasa ASI Tersebut?
ilustrasi

Seperti Apakah Rasa ASI Tersebut?

Minggu, 24 Mei 2020 | 06:08 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Sebagian orang tumbuh besar dengan ASI pada dua tahun pertama kehidupannya. Setelah sekian lama berhenti mengonsumsinya, banyak orang dewasa yang lupa dan penasaran dengan rasa ASI. Pola makan juga memberikan pengaruh yang besar pada rasa yang dihasilkan. Lantas, seperti apa sebenarnya rasa ASI?

Seperti apa rasa ASI?

image0

Umumnya, rasa ASI sebetulnya mirip dengan susu biasa. Deskripsi yang paling banyak beredar adalah rasanya yang menyerupai susu almond, tapi lebih manis. Beberapa anak yang masih mengingat rasanya juga menggambarkan bahwa ASI mirip dengan susu yang diberi tambahan gula.

Namun, ada juga yang mengecap rasa lain seperti mentimun, air gula, es krim yang meleleh, madu, bahkan buah melon.

Rasa manis yang ada dalam ASI ternyata dipengaruhi oleh adanya kandungan laktosa. Laktosa merupakan salah satu bahan utama dalam ASI, kandungan ini ada dalam konsentrasi yang tinggi sehingga membuat rasanya menjadi lebih manis.

ASI juga mengandung lemak yang akan menentukan kekentalannya. Saat baru diperah, ASI keluar dalam bentuk cairan yang lebih berair, tapi semakin sering menyusui tektur ASI perlahan akan menjadi lebih kental dan lebih tinggi kandungan lemaknya.

Meski kebanyakan menjelaskan tak ada perbedaan yang jauh di antara ASI dan susu sapi, tekstur ASI masih lebih ringan dan encer dibandingkan dengan susu sapi. Bahkan ada beberapa ibu yang menggambarkannya seperti air mineral dengan pewarna putih.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...