(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Seperti Ini Kandungan Vaksin Palsu

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Seperti Ini Kandungan Vaksin Palsu
WinNetNews.com - Vaksin palsu ternyata mengandung NaCl serta sisa – sisa vaksin yang dioplos. Hal itu dibuktikan dengan hasil uji 39 jenis vaksin oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Tidak hanya itu saja, beberapa vaksin juga ditemukan tidak sesuai dengan sampel dan sampel yang tidak sesuai dengan label.

Sementara untuk kandungan dalam vaksin palsu yaitu NaCI dan vaksin Hepatitis B yang tidak sesuai dengan label.

"Jadi ada satu vaksin yang kandungannya adalah NaCl saja. Ada juga satu vaksin kandungan Hepatitis B, padahal labelnya bukan untuk vaksin itu," papar Arustiono di Jakarta.

Selain itu, dalam vaksin palsu juga memiliki kandungan anti pertusis yang ditempatkan di botol yang tidak sesuai.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, vaksin palsu juga ada yang memiliki kandungan vaksin DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus). Akibatnya, virus vaksin palsu ini bisa menyebabkan anak tidak mendapatkan imunitas terhadap suatu penyakit hingga kemungkinan infeksi, jika dilakukan dengan tidak steril.

"Untuk kandungan memang. Pertama, kemungkinan isinya adalah NaCl (garam) tetap ada dan betul memang data dari menteri kesehatan. Lalu, isinya antigen pertusis. Bisa jadi ini vaksin yang sudah dilemahkan atau sisa vaksin atau vaksin oplosan yang dipakai. Tentu tidak akan keluar antibodi," ungkapnya.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});