Seperti Ini Kesemutan Tanda Diabetes

Oky
Oky

Seperti Ini Kesemutan Tanda Diabetes Sumber foto : Istimewa

Winnetnews.com – Salah satu gejala dari diabetes adalah munculnya sensasi kesemutan. Hanya saja, terkadang kesemutan ini disebabkan oleh hal-hal yang sepele seperti aliran darah yang tidak lancar akibat posisi tubuh yang tidak tepat. Lantas, seperti apa sih kesemutan yang menandakan diabetes?

Kesemutan yang biasa kita alami berlangsung dengan sementara akibat tekanan pada bagian tubuh tertentu yang menyebabkan hambatan aliran darah ke bagian saraf. Hal ini membuat saraf tak mampu mengirim sinyal ke otak dan akhirnya otak pun mengeluarkan sensasi kesemutan untuk memberitahu kita akan hal ini. Selain itu, kesemutan sementara juga bisa saja disebabkan oleh penyakit Raynaud yang memang bisa menghambat aliran darah atau gangguan bernapas terlalu cepat yang disebut sebagai hiperventilasi.

Hanya saja, jika kita sering mengalami kesemutan dalam waktu yang lama dan terus berulang, bisa jadi hal ini memang tanda dari diabetes. Masalah kesehatan lain yang juga bisa menyebabkan gejala ini adalah carpal tunnel syndrome, terjepitnya saraf ulnaris, hingga tekanan pada saraf sciatic pada panggul kita.

Penderita diabetes rentan mengalami neuropati perifer, kondisi yang menyebabkan kesemutan pada tangan atau kaki yang tidak disebabkan oleh hambatan aliran darah. Menurut pakar kesehatan, 30 persen penderita diabetes mengalami gejala kesemutan akibat dari masalah neuropati perifer ini.

Jika kesemutan terjadi sementara dan saat kita mengganti posisi tubuh sensasi ini menghilang, kita tidak perlu mengkhawatirkannya, namun jika kesemutan ini berlangsung terus-menerus atau bahkan sering berulang di posisi yang sama, bisa jadi hal ini terkait dengan diabetes yang tentu harus segera diperiksakan ke dokter.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});