Skip to main content

Sepertinya China Ingin Tengahi Permusuhan AS dan Korut Nih

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Presiden China Xi Jinping mendesak Donald Trump dan Korea Utara untuk menghindari "kata-kata dan tindakan" yang memperburuk ketegangan.

Trump dan Korea Utara memang saling hujat-menghujat dan bermusuhan. Kalau presiden AS mengancam akan hujan "api dan kemarahan" di Korea Utara.

Tapi China, sekutu utama Korea Utara, telah mendesak pengekangan.

Pernyataan Gedung Putih mengatakan AS dan China sepakat bahwa Korea Utara harus menghentikan "perilaku provokatif dan eskalatif".

Sebuah pernyataan oleh kantor berita resmi KCNA Korea Utara yang dikeluarkan pada hari Sabtu mengatakan bahwa administrasi Trump, lebih baik berbicara dan bertindak dengan benar, jika tidak menginginkan "kerajaan Amerika untuk memenuhi azab tragisnya".

Ketegangan yang sudah berlangsung lama mengenai program nuklir Korea Utara memburuk saat menguji dua rudal balistik antar benua pada bulan Juli.

Rezim tersebut juga marah dengan keputusan PBB pekan lalu untuk meningkatkan sanksi ekonomi terhadapnya.

Menurut media pemerintah China, Xi mengatakan kepada tuan Trump bahwa ada semua pihak terkait yang harus menghentikan kata-kata dan perbuatan yang akan memperburuk situasi.

Xi juga menekankan China dan AS memiliki "kepentingan bersama" atas denuklirisasi dan menjaga perdamaian di semenanjung Korea.

Pernyataan Gedung Putih mengenai panggilan telepon tersebut tidak menyebutkan permintaan nyata presiden AS tersebut.

Ini menekankan kedua pria tersebut menikmati hubungan dekat, yang "mudah-mudahan mengarah penyelesaian damai atas masalah Korea Utara".

Presiden Trump sebelumnya telah mencaci China karena tidak mengundurkan diri dari Korea Utara, dengan mengatakan bahwa pihaknya dapat melakukan "lebih banyak".

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top