Serang Pasukan AS, Milisi Irak Serukan 'Lone Wolf'
Milisi Irak menyerukan serangan 'lone wolf' ala ISIS untuk menyerang Amerika Serikat (AS). [Foto: Wall Street Journal]

Serang Pasukan AS, Milisi Irak Serukan 'Lone Wolf'

Sabtu, 11 Jan 2020 | 11:30 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Kelompok milisi Irak yang beraliansi dengan Iran mengatakan "pintu jihad" telah dibuka terhadap pasukan Amerika Serikat (AS) di negara itu. Kelompok itu pun menyerukan para pendukunganya untuk melakukan serangan "lone wolf" ala ISIS terhadap aset AS di seluruh wilayah.

Mengutip SINDOnews.com, arahan itu diberikan dalam pesan yang diposting oleh Brigade Hizbullah Irak kepada para pengikutnya, menurut pemantau aktivitas kelompok teroris di Timur Tengah SITE Intelligence Group.

“Abu Ali al-Askari, kepala keamanan Brigade Hizbullah Irak, menekankan 'pintu jihad' terhadap Pasukan AS di Irak terbuka dan, menggemakan seruan lone wolf ISIS, menuntut semua jihadis di dalam dan di luar Irak melakukan operasi sesuai jalanmu dan lakukan tugasmu," kata Direktur SITE Rita Katz dalam sebuah tweet yang dilansir dari Washington Times, Sabtu (11/1).

Brigade Hizbullah Irak adalah kelompok yang berada di balik serangan roket terhadap sejumlah posisi AS di Irak yang menewaskan seorang kontraktor Amerika dan melukai beberapa tentara.

Insiden ini kemudian memicu serangkaian peristiwa yang mengguncang Irak. Peristiwa itu meliputi serangan balasan AS, protes keras di Kedutaan Besar AS di Baghdad, pembunuhan AS atas Jenderal Iran Qassem Soleimani dan serangan rudal Iran minggu ini terhadap pangkalan-pangkalan Irak yang menampung pasukan AS. [sindo]

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...