Serangga: Santapan Sehat Pengganti Protein Hewani

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Serangga: Santapan Sehat Pengganti Protein Hewani Ilustrasi: Coconuts
Winnetnews.com - Protein merupakan salah satu elemen penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein, baik yang jenisnya hewani atau nabati, bisa membantu menjaga kesehatan. Sampai saat ini, protein yang paling populer dikonsumsi oleh masyarakat adalah jenis protein hewani. Protein jenis ini bisa berasal dari ayam, kambing, sapi, dan ikan.

Namun seorang ilmuwan biologi asal Costa Rica University bernama Federico Paniagua menyebut jika serangga sejatinya bisa mengganti sumber protein hewani yang selama ini kita konsumsi sehari-hari. Jenis serangga yang dimaksud Federico contohnya seperti jangkrik, kecoak, semut, kumbang, dan lainnya.

“Serangga pada dasarnya memang enak. Kurang lebih rasanya seperti keripik kentang,” ungkap Federico, dikutip dari NY Post.

Ilustrasi: The Independent

Menurut Federico, serangga memiliki kandungan vitamin, mineral, dan sumber energi yang cukup besar. Food and Agrocultural Organization PBB menyebut jika terdapat sekitar 19.000 spesies serangga yang aman dikonsumsi.

Istri dari Federico, Gabriela Soto, sering menyiapkan makanan dengan menambahkan serangga yang mereka kembangbiakkan. Ia mengaku jika mereka makan serangga dengan menambahkan taburan garam di atasnya. Mereka mengaku sudah terbiasa makan serangga dan melakukan rutinitas tersebut tanpa rasa takut sedikitpun.

“Pada dasarnya kita semua bisa makan satu piring makanan penuh serangga ini,” pungkasnya.

Apa Reaksi Kamu?