Serba-serbi Tentang Cuci Darah yang Sebaiknya Diketahui
ilustrasi

Serba-serbi Tentang Cuci Darah yang Sebaiknya Diketahui

Minggu, 23 Jun 2019 | 20:20 | Rusmanto
Winnetnews.com - Prosedur cuci darah diperlukan oleh pasien yang ginjalnya tidak lagi berfungsi secara normal. Kendati telah sering dilakukan, nyatanya masih banyak pasien gagal ginjal yang belum paham harus berobat ke mana begitu dokter menyarankan untuk cuci darah.

Harus berobat ke dokter mana jika perlu cuci darah?

image0

Anda dapat menjalani cuci darah di rumah sakit atau klinik khusus yang menyediakan prosedur ini. Anda akan bekerja sama dengan tim medis yang memiliki spesialisasi dalam penyakit ginjal berikut perawatannya.

Tim medis yang melaksanakan prosedur cuci darah umumnya terdiri atas:

1. Nefrologis (dokter spesialis ginjal)

Nefrologis adalah sebutan bagi dokter penyakit dalam (internist) yang memiliki spesialisasi dalam penyakit ginjal. Anda akan mengenalinya dengan gelar Sp.PD-KGH yang berarti ginjal hipertensi.

Merekalah yang akan memimpin tim medis untuk menjalankan prosedur cuci darah serta bertanggung jawab terhadap kesehatan Anda selama prosesnya.

Para nefrologis adalah tempat bagi Anda untuk berkonsultasi mengenai segala hal terkait penyakit ginjal dan penanganannya.

Mereka juga berwenang untuk memantau kondisi pasien sebelum dan setelah pasien menjalani operasi donor ginjal.

2. Perawat khusus cuci darah

Perawat khusus cuci darah adalah para perawat yang secara khusus merawat pasien penyakit ginjal. Mereka bekerja sama dengan dokter spesialis ginjal, dalam perawatan pasien sampai pelaksanaan cuci darah.

Ke mana pun Anda berobat untuk cuci darah, para perawat ini akan membantu dokter menjalankan prosedurnya. Mereka bertanggung jawab untuk melakukan penilaian terhadap kondisi Anda dan memastikan obat telah diberikan dengan tepat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...