Sering Bangun Tengah Malam? Ada Maknanya Lho, Yuk Baca!

Ahmad Mashudin

Dipublikasikan 5 tahun yang lalu • Bacaan 3 Menit

Sering Bangun Tengah Malam? Ada Maknanya Lho, Yuk Baca!
Ilustrasi Bangu Tengah Malam /foto: istimewa

WinNetNews.com - Ada banyak sekali pertanda yang seakan ingin memberikan petunjuk tertentu pada diri kita, termasuk saat kita tidur. Selain mimpi, kerap terbangun di malam hari di jam yang sama juga merupakan pertanda yang ingin disampaikan oleh tubuh kita. Sayangnya, kita seringkali merasa ‘gagal paham’ dengan petunjuk satu ini.

Seperti yang dilansir dari Higher Perspective, metode pengobatan tradisional Cina telah memperhatikan pola penempatan dan pergerakan energi ke beberapa daerah tubuh yang berbeda pada waktu-waktu tertentu selama 24 jam. Nah, jika kita sering terbangun tanpa sengaja di jam-jam tertentu, itu berarti aliran energi terblokir oleh sesuatu hal.

Hmm, bingung, ya? Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut!

1. Kesulitan tidur pada jam 21.00-23.00; artinya kamu masih belum bisa melepaskan ketegangan yang dialami pada hari itu

Jam-jam ini adalah waktu di mana seharusnya kamu beristirahat atau setidaknya mencoba untuk tidur. Pada jam-jam ini, sistem endokrin tubuh sedang melakukan penyeimbangan dan enzim tubuh sedang diperbarui.

Cobalah melakukan relaksasi atau meditasi agar pikiranmu tenang dan memungkinkan untuk dibawa tidur. Peregangan sederhana juga bisa kamu lakukan sebagai alternatifnya.

2. Terbangun antara jam 23.00-01.00; kamu belum bisa memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang diperbuat

Pengobatan tradisional Cina berpendapat bahwa jangka waktu ini terkait dengan kerja empedu. Bagian dari tubuh yang bekerja untuk memecah semua lemak yang kamu konsumsi sepanjang hari itu. Waktunya untuk menyimpan energi yang sangat aktif untuk hari berikutnya.

Disarankan untukmu mengurangi makanan yang berlemak dan memperbanyak sayur dan buah-buahan sebagai penyeimbangnya. Mengenai masalah hati, cobalah untuk belajar mengampuni kesalahan orang lain dan menerima bahwa kamu juga pernah melakukan kesalahan. Jangan biarkan dirimu menaruh kebencian yang berlarut-larut. Nggak baik, lho.

3. Terbangun antara jam 01.00-03.00; kamu sedang menyimpan amarah, frustrasi dan energi negatif lainnya

Periode waktu ini terhubung ke organ hati. Hati sedang melakukan tugasnya untuk proses detoksifikasi racun dan pembaruan sel-sel di dalam tubuh.

Bangun dan minumlah segelas tinggi air dingin, lalu cobalah untuk berdamai dengan kemarahanmu. Cari tahu situasi apa yang mengganggumu hingga kamu menyimpan amarah yang meluap-luap. Kalau kamu nggak segera menangani ‘racun-racun hati’ ini, maka organ hatimu lah yang terkena imbasnya.

Selain itu, perbaiki pola makan dan kurangi konsumsi alkohol akan membantu gangguan tidur di periode waktu ini.

4. Terbangun antara jam 03.00-05.00; berhubungan dengan kesedihan, perasaan tertekan dan kedukaan

Jam-jam ini adalah waktu ketika paru-paru sedang melakukan perbaikan dan oksigen sedang banyak-banyaknya diproduksi. Inilah sebabnya di jam-jam ini kamu yang mendapat pertanda akan terbangun dan batuk-batuk secara nggak sengaja.

Untuk kembali bisa beristirahat dengan tenang, cobalah melakukan latihan pernapasan dan mencari udara segar, di pegunungan, misalnya. Pastikan tubuhmu cukup hangat pada saat tidur. Selain itu, menenangkan diri dan belajar mengikhlaskan juga menjadi solusi untuk mengurangi kesedihan yang kamu alami.

5. Terbangun antara jam 05.00-07.00; kamu sedang merasa kurang puas dengan apa yang telah kamu lakukan sepanjang hari itu

Ini adalah jamnya usus besar untuk membuang racun-racun dalam tubuh yang telah dipecah sebelumnya oleh organ lain. Jangan heran kalau di jam-jam ini kamu merasa ingin buang air besar. Ini normal.

Setelah kamu terbangun, cobalah untuk tetap berbaring dan meregangkan tubuh sejenak, pergilah ke kamar mandi untuk buang air sembari menenangkan tubuhmu.

Ternyata jam-jam dimana kita rutin terbangun bisa memberikan tanda-tanda penting tentang apa yang terjadi pada tubuh kita. Luar biasa menakjubkan, bukan? Cobalah untuk mendengar dan memahami pesan tersebut, ya!

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...