Sering Bangun Tengah Malam Karena Lapar? Begini Saran Dokter Memilih Makanan yang Tak Buat Gendut

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Sering Bangun Tengah Malam Karena Lapar? Begini Saran Dokter Memilih Makanan yang Tak Buat Gendut Ilustrasi: Harvard University

Winnetnews.com -  Kita pasti seringkali terbangun tengah malam dan merasa lapar secara tiba-tiba. Kebanyakan dari kita mungkin sengaja menahan hasrat untuk makan karena khawatir akan menambah berat badan. Namun sebuah penelitian yang digagas oleh Oregon National Primate Research di Oregon Heath and Science University mengungkapkan bahwa hal tersebut tidaj sepenuhnya benar.

Para peneliti menggabungkan efek kalori yang dimakan saat siang dan malam hari. Kesimpulan yang mereka dapat adalah selama kamu mengonsumsi kalori yang sama, kapanpun kamu mengonsumsinya tidak akan jadi masalah.

Namun hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai menu atau pemilihan jenis makanan. Salah satu faktor mengapa orang yang makan tengah malam menjadi gemuk adalah karena mereka salah memilih menu dan makan terlalu banyak. Jika kamu merupakan tipe orang yang tidur awal dan makan malam sebelum jam 7, kamu harus mencoba untuk tidak memakan apapun setelahnya.

Namun orang-orang yang begadang tengah malam cenderung sering ngemil dan makan untuk menemani waktu mereka. Cemilan-cemilan teman begadang inilah yang disinyalir membuat tubuh jadi gemuk. Jika kamu terbangun tengah malam dan ingin negmil, pastikan untuk memilih menu sayuran rebus atau buah, yogurt rendah lemak, dan sereal yang didampingi susu.

Hal yang juga perlu kamu hindari adalah untuk tidak mengonsumsi makanan kaya gula. Jenis makanan ini akan membuatmu gemuk dan menimbulkan masalah pada darah yang berpotensi menganggu aktivitas tidurmu. Kamu juga tidak disarankan untuk memakan makanan besar.

“Makanan tinggi lemak dan pedas menyebabkan tidak lancarnya pencernaan atau membuatmu merasa terlalu kenyang akan membuatmu susah tidur. Makanan pedas juga tidak aman dikonsumsi saat lapar tengah malam karena akan cenderung membuatmu melek sampai pagi,” jelas penlitian tersebut, seperti dikutip dari Live Strong.

Agar bisa kembalu tidur dengan pulas, kamu harus memilih makanan yang baik untuk perutmu. Kamu tidak dianjurkan mengonsumsi junk food atau minuman cokelat. Beberapa jenis kacang juga dinilai memberi masalah ketika malam hari karena bisa memicu kram, gas, dan masalah pada gastrointensitinal.

Penelitian tersebut juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung tryptophan. Misalnya produk susu, pisang, kentang, dan almond. Pastikan kamu memilih makanan dengan bentuk yang lebih cair, daripada kamu membuat perutmu penuh beban, penuh kalori, dan menganggu tidurmu. Untuk alternatifnya, kamu dapat mencoba the herba dan susu hangat.

Apa Reaksi Kamu?