Sering Beli Makanan di Pinggir Jalan? Ini Tipsnya Agar Tetap Sehat
ilustrasi

Sering Beli Makanan di Pinggir Jalan? Ini Tipsnya Agar Tetap Sehat

Kamis, 9 Apr 2020 | 06:17 | Rusmanto
Winnetnews.com - Siapa yang tak suka makanan di warung pinggir jalan? Aroma yang menguar saat makanan dimasak tak pernah gagal mengundang lapar bagi orang-orang yang lewat di depannya. Hanya saja, Anda perlu tips agar aman jajan di pinggir jalan.

Makanan kurang higienis yang biasa dijual di pinggir jalan bisa saja menimbulkan masalah kesehatan pada orang-orang yang tubuhnya sensitif terhadap makanan tertentu. Simak tips-nya yuk!

Tips jajan di pinggir jalan agar tetap aman dan sehat

Makanan di warung pinggir jalan mungkin kerap jadi pilihan ketika sedang lapar dan bosan dengan makanan di rumah. Selain tersedia dalam beragam jenis, makanan pinggir jalan juga cocok bagi Anda yang ingin makan enak tanpa menghabiskan banyak uang.

Namun, jajan di pinggir jalan juga sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Pasalnya, tidak ada yang bisa menjamin apakah proses persiapan dan penyajian makanan sudah dilakukan sesuai dengan standar kebersihan.

Oleh karena itu, cara-cara berikut akan bantu mengurangi risiko masalah kesehatan setelah jajan di pinggir jalan.

1. Memilih jajanan yang baru dimasak

image0

Biasanya, penjual makanan seperti gorengan memasak dagangannya dalam jumlah yang banyak.

Cara ini dirasa lebih praktis karena ketika pelanggan tiba, penjual hanya tinggal memasukkan pesanan ke dalam bungkus.

Sayangnya, dagangan yang masih tersisa seringnya dibiarkan di etalase dalam waktu yang lama dan tanpa tutup. Hal ini memungkinkan makanan tersebut terpapar lebih lama dengan polusi dari jalanan serta partikel lainnya.

Tips amannya, usahakan untuk tidak membeli makanan yang sudah dingin. Mintalah pada penjual untuk memilihkan makanan yang masih hangat atau baru selesai digoreng agar kemungkinan paparan dengan udara luar lebih sedikit.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...